Appier Capai Pertumbuhan Klien Di Asia Tenggara Berkat AI Saas-Nya

Editor: Redaksi author photo

Appier Capai Pertumbuhan Klien Di Asia Tenggara Berkat AI Saas-Nya 
KALBARNEWS.CO.ID (TAIPEI) - Ritel, ecommerce, fintech, dan perhotelan menjadi sektor paling menarik dalam pertumbuhan masa depan Appier di Asia Tenggara. Rabu (1 Februari 2023).

Appier (TSE: 4180), perusahaan terkemuka yang menyediakan software-as-a-service (SaaS) berbasiskan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), hari ini membagikan tonggak pencapaian momentum  bisnis baru di Asia Tenggara. Appier berhasil mencatat pertumbuhan klien yang baik di sektor ecommerce, serta ekspansi lebih lanjut ke sektor finansial, layanan kesehatan, dan perhotelan.

Appier melaporkan pertumbuhan luar biasa pada triwulan ketiga di pembukuan 2022. Pertumbuhan ini ditopang oleh kesuksesan ekspansi geografis dan vertikal sekaligus eksekusi bisnis yang baik, sinergi produk, dan strategi akuisisi klien. Kinerja tersebut mencerminkan jangkauan dan kesuksesan global Appier dalam memenuhi permintaan pasar atas layanan berbasiskan AI guna mendukung strategi data pihak pertama (first-party data strategy) yang dijalankan berbagai perusahaan.

Sebagai bagian dari pertumbuhan luar biasa ini, Appier mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di industri ritel dan ecommerce. Di saat bersamaan, Appier juga mencatat pertumbuhan klien yang signifikan di sektor finansial dan perhotelan. Banyak klien baru Appier di Asia Tenggara berasal dari sektor pelayanan kesehatan, hiburan, ecommerce, dan layanan daring. Hal ini dilatarbelakangi strategi transformasi digital yang berkembang pesat, serta permintaan solusi pemasaran omnichannel setelah berbagai perusahaan beradaptasi dengan kondisi normal baru pasca-Covid. Beberapa perusahaan yang berkontribusi terhadap kelanjutan momentum dan pertumbuhan Appier termasuk:

·  Ancol, Indonesia: Salah satu destinasi wisata, perhotelan, hiburan, serta F&B yang terintegrasi dan terbesar di Indonesia.

·  BRAND'S Suntory, Thailand: Salah satu produsen barang konsumer terkemuka di dunia, serta perusahaan multinasional yang menjadi pemimpin pasar dunia pada segmen minuman beralkohol dan nonalkohol, termasuk produk suplemen kesehatan dan kebugaran dari BRAND'S

·  NetHub, Vietnam: Penyedia layanan TV pay-for-view di Vietnam, serta perusahaan swasta satu-satunya dan pertama yang menyiarkan dan menayangkan program televisi dalam format Digital Satellite Television (DTH), Digital Terrestrial Television (DTT) and Internet Television (OTT)

·  Caring Pharmacy, Malaysia: Jaringan apotek yang berkembang pesat dan menawarkan jasa konsultasi apoteker setiap saat, pemeriksaan kesehatan gratis (tertentu), serta produk bermutu tinggi dengan harga bersaing

·  Senheng, Malaysia: jaringan gerai elektronik konsumer terkemuka di Malaysia yang memiliki lebih dari 100 gerai fisik di Malaysia, serta online ecommerce

"Asia Tenggara selalu menjadi pasar utama bagi Appier. Wilayah ini terus mengungguli pasar lain di dunia dari sisi pertumbuhan, serta memiliki beberapa perekonomian digital terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Kami bangga bermitra dengan beberapa  perusahaan ternama di Asia Tenggara guna mengubah strategi digitalnya. Dengan demikian,  mereka mampu mewujudkan pengalaman yang unik dan dirancang khusus bagi pelanggan. Tujuannya, mengubah investasi pemasaran menjadi imbal hasil terukur," ujar Dr. Chih-Han Yu, CEO dan Salah Satu Pendiri Appier. "Ke depannya,  seiring dengan upaya berbagai perusahaan untuk berinovasi dan berevolusi agar tetap relevan dengan perubahan dan ekspektasi konsumen yang terus berubah, strategi yang sukses terletak pada kemampuan mengambil keputusan yang lebih cerdas dan cepat. Maka, Appier membantu berbagai perusahaan untuk melakukan hal tersebut dengan dukungan AI."

Ringkasan klien: Mewujudkan pengalaman pelanggan yang unik bagi beberapa merek yang paling menarik di Asia Tenggara

Ancol, Indonesia

Ancol adalah salah satu destnasi pariwisata  terkemuka dan terbesar di Indonesia. Ancol mengelola sederet atraksi wisata, restoran, pasar, museum, pusat pertemuan, dan hotel.  Melalui kolaborasi dengan Appier, Ancol mengandalkan AI untuk i memahami kebutuhan dan perilaku unik pelanggannya. Lewat langkah ini, Ancol dapat meningkatkan interaksi pelanggan pada berbagai perangkat dan seluruh kanal pemasaran.  Ancol  juga mampu memperoleh analisis yang lebih mendalam  mengenai pengunjung  melalui customer journey maps, lalu merancang notifikasi secara personal guna mengubah pengunjung menjadi pelanggan.  Melalui satu platform yang terintegrasi, Ancol kini dapat mengelola berbagai kanal dan kampanye pemasaran, serta menyampaikan pesan pemasaran secara langsung berdasarkan segmentasi dan perilaku audiens.

NetHub, Vietnam

Selain Digital Satellite Television (DTH) dan Digital Terrestrial Television (DTT), NetHub juga menawarkan platform OTT bagi para pelanggannya. Lebih lagi, layanan NetHub menawarkan akses berdasarkan permintaan (on-demand) atas film, program televisi, dan serial televisi. NetHub bermitra dengan Appier guna menyajikan konten yang lebih cerdas dan rekomendasi video yang didukung AI pada sejumlah platform, seperti web, aplikasi iOS dan Android, serta SmartTV. Lewat kolaborasi ini, Appier menerapkan rekomendasi berbasiskan AI pada SmartTV untuk pertama kalinya.

Senheng, Malaysia

Senheng adalah gerai barang elektronik konsumer terkemuka di Malaysia yang memiliki lebih dari 100 gerai fisik di Malaysia, serta sebuah platform ecommerce.  Seiring dengan upaya perusahaan untuk berevolusi dengan perubahan kebutuhan dan pola konsumsi pelanggan, Senheng berkolaborasi dengan Appier dalam menjalankan strategi transformasi digital, serta menawarkan pengalaman Online-Merged-Offline (OMO) bagi pelanggan. Dengan  solusi AI yang didesain untuk memprediksi dan memberikan daftar segmen pelanggan yang tepat, , Senheng mampu meningkatkan konversi dan pendapatan  untuk berbagai penawaran produk elektroniknya.

Caring Pharmacy, Malaysia

Caring Pharmacy bermitra dengan Appier untuk berinteraksi dengan pelanggannya  pada kanal daring dan luring. Setelah mengintegrasikan POS secara luring, Caring Pharmacy memaksimalkan data masif dari gerai ritelnya guna merancang dan menyampaikan komunikasi yang  bersifat personal kepada pelanggan pada seluruh kanal miliknya. Caring Pharmacy juga memanfaatkan BotBonnie, solusi conversational marketing berbasiskan AI dari Appier,  untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka.

BRAND's Suntory, Thailand

BRAND's Suntory mengawali transformasi platform digital di tengah pesatnya tingkat belanja secara daring pada masa Covid-19. Lewat sebuah gerai daring yang melayani pelanggan di Thailand, BRAND's Suntory bermitra dengan Appier untuk mengelola surel (email) dan push campaign. Dengan demikian, perusahaan ini dapat mengkaji kembali data kinerja pemasaran secara menyeluruh.  BRAND's Suntory juga berhasil meningkatkan tingkat konversinya berkat pesan yang dipersonalisasi l pada  berbagai kanal, seperti web dan surel.

Appier (TSE: 4180) adalah perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) guna mendukung pengambilan keputusan bisnis. Didirikan pada tahun 2012 dengan visi demokratisasi AI, Appier kini memiliki 17 kantor di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat, serta tercatat di Bursa Efek Tokyo.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini