KALBARNEWS.CO.ID (TAIPEI) - Ritel, ecommerce, fintech, dan perhotelan
menjadi sektor paling menarik dalam pertumbuhan masa depan Appier di Asia
Tenggara. Rabu (1 Februari 2023).Appier Capai Pertumbuhan Klien Di Asia Tenggara Berkat AI Saas-Nya
Appier (TSE: 4180), perusahaan terkemuka
yang menyediakan software-as-a-service (SaaS) berbasiskan
kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), hari ini membagikan tonggak
pencapaian momentum bisnis baru di Asia Tenggara. Appier berhasil
mencatat pertumbuhan klien yang baik di sektor ecommerce, serta
ekspansi lebih lanjut ke sektor finansial, layanan kesehatan, dan perhotelan.
Appier
melaporkan pertumbuhan luar biasa pada
triwulan ketiga di pembukuan 2022. Pertumbuhan ini ditopang
oleh kesuksesan ekspansi geografis dan vertikal sekaligus eksekusi bisnis yang
baik, sinergi produk, dan strategi akuisisi klien. Kinerja tersebut
mencerminkan jangkauan dan kesuksesan global Appier dalam memenuhi permintaan
pasar atas layanan berbasiskan AI guna mendukung strategi data pihak pertama (first-party
data strategy) yang dijalankan berbagai perusahaan.
Sebagai bagian dari
pertumbuhan luar biasa ini, Appier mempertahankan posisinya sebagai pemimpin
pasar di industri ritel dan ecommerce. Di saat bersamaan, Appier
juga mencatat pertumbuhan klien yang signifikan di sektor finansial dan
perhotelan. Banyak klien baru Appier di Asia Tenggara berasal dari
sektor pelayanan kesehatan, hiburan, ecommerce, dan layanan daring.
Hal ini dilatarbelakangi strategi transformasi digital yang berkembang pesat,
serta permintaan solusi pemasaran omnichannel setelah berbagai
perusahaan beradaptasi dengan kondisi normal baru pasca-Covid. Beberapa perusahaan
yang berkontribusi terhadap kelanjutan momentum dan pertumbuhan Appier
termasuk:
· Ancol, Indonesia: Salah satu
destinasi wisata, perhotelan, hiburan, serta F&B yang terintegrasi dan
terbesar di Indonesia.
· BRAND'S Suntory, Thailand:
Salah satu produsen barang konsumer terkemuka di dunia, serta perusahaan
multinasional yang menjadi pemimpin pasar dunia pada segmen minuman beralkohol
dan nonalkohol, termasuk produk suplemen kesehatan dan kebugaran dari BRAND'S
· NetHub, Vietnam: Penyedia
layanan TV pay-for-view di Vietnam, serta perusahaan
swasta satu-satunya dan pertama yang menyiarkan dan menayangkan program
televisi dalam format Digital Satellite Television (DTH), Digital Terrestrial
Television (DTT) and Internet Television (OTT)
· Caring Pharmacy, Malaysia:
Jaringan apotek yang berkembang pesat dan menawarkan jasa konsultasi apoteker
setiap saat, pemeriksaan kesehatan gratis (tertentu), serta produk bermutu
tinggi dengan harga bersaing
· Senheng, Malaysia: jaringan
gerai elektronik konsumer terkemuka di Malaysia yang memiliki lebih
dari 100 gerai fisik di Malaysia, serta online ecommerce
"Asia
Tenggara selalu menjadi pasar utama bagi Appier. Wilayah ini terus
mengungguli pasar lain di dunia dari sisi pertumbuhan, serta memiliki beberapa
perekonomian digital terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Kami bangga
bermitra dengan beberapa perusahaan ternama di Asia
Tenggara guna mengubah strategi digitalnya. Dengan demikian, mereka
mampu mewujudkan pengalaman yang unik dan dirancang khusus bagi pelanggan.
Tujuannya, mengubah investasi pemasaran menjadi imbal hasil terukur," ujar
Dr. Chih-Han Yu, CEO dan Salah Satu Pendiri Appier. "Ke
depannya, seiring dengan upaya berbagai perusahaan untuk berinovasi dan
berevolusi agar tetap relevan dengan perubahan dan ekspektasi konsumen yang
terus berubah, strategi yang sukses terletak pada kemampuan mengambil keputusan
yang lebih cerdas dan cepat. Maka, Appier membantu berbagai perusahaan untuk
melakukan hal tersebut dengan dukungan AI."
Ringkasan klien: Mewujudkan pengalaman pelanggan yang unik bagi
beberapa merek yang paling menarik di Asia Tenggara
Ancol, Indonesia
Ancol adalah salah
satu destnasi pariwisata terkemuka dan terbesar di Indonesia. Ancol
mengelola sederet atraksi wisata, restoran, pasar, museum, pusat pertemuan, dan
hotel. Melalui kolaborasi dengan Appier, Ancol mengandalkan AI untuk i
memahami kebutuhan dan perilaku unik pelanggannya. Lewat langkah ini, Ancol
dapat meningkatkan interaksi pelanggan pada berbagai perangkat dan seluruh kanal
pemasaran. Ancol juga mampu memperoleh analisis yang lebih
mendalam mengenai pengunjung melalui customer journey maps,
lalu merancang notifikasi secara personal guna mengubah pengunjung menjadi
pelanggan. Melalui satu platform yang terintegrasi, Ancol kini dapat
mengelola berbagai kanal dan kampanye pemasaran, serta menyampaikan pesan
pemasaran secara langsung berdasarkan segmentasi dan perilaku audiens.
NetHub, Vietnam
Selain Digital
Satellite Television (DTH) dan Digital Terrestrial Television (DTT), NetHub
juga menawarkan platform OTT bagi para pelanggannya. Lebih lagi, layanan NetHub
menawarkan akses berdasarkan permintaan (on-demand) atas film, program
televisi, dan serial televisi. NetHub bermitra dengan Appier guna menyajikan
konten yang lebih cerdas dan rekomendasi video yang didukung AI pada sejumlah
platform, seperti web, aplikasi iOS dan Android, serta SmartTV. Lewat
kolaborasi ini, Appier menerapkan rekomendasi berbasiskan AI pada SmartTV untuk
pertama kalinya.
Senheng, Malaysia
Senheng adalah
gerai barang elektronik konsumer terkemuka di Malaysia yang memiliki
lebih dari 100 gerai fisik di Malaysia, serta sebuah platform ecommerce.
Seiring dengan upaya perusahaan untuk berevolusi dengan perubahan kebutuhan dan
pola konsumsi pelanggan, Senheng berkolaborasi dengan Appier dalam menjalankan
strategi transformasi digital, serta menawarkan pengalaman Online-Merged-OfflineÂ
(OMO) bagi pelanggan. Dengan solusi AI yang didesain untuk memprediksi
dan memberikan daftar segmen pelanggan yang tepat, , Senheng mampu meningkatkan
konversi dan pendapatan untuk berbagai penawaran produk elektroniknya.
Caring Pharmacy, Malaysia
Caring Pharmacy
bermitra dengan Appier untuk berinteraksi dengan pelanggannya pada kanal
daring dan luring. Setelah mengintegrasikan POS secara luring, Caring Pharmacy
memaksimalkan data masif dari gerai ritelnya guna merancang dan menyampaikan
komunikasi yang bersifat personal kepada pelanggan pada seluruh kanal
miliknya. Caring Pharmacy juga memanfaatkan BotBonnie, solusi conversational
marketing berbasiskan AI dari Appier, untuk meningkatkan
interaksi dengan pelanggan mereka.
BRAND's Suntory, Thailand
BRAND's Suntory
mengawali transformasi platform digital di tengah pesatnya tingkat belanja
secara daring pada masa Covid-19. Lewat sebuah gerai daring yang melayani
pelanggan di Thailand, BRAND's Suntory bermitra dengan Appier untuk
mengelola surel (email) dan push campaign. Dengan demikian,
perusahaan ini dapat mengkaji kembali data kinerja pemasaran secara
menyeluruh. BRAND's Suntory juga berhasil meningkatkan tingkat
konversinya berkat pesan yang dipersonalisasi l pada berbagai kanal,
seperti web dan surel.
Appier (TSE: 4180)
adalah perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang
memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) guna mendukung pengambilan keputusan
bisnis. Didirikan pada tahun 2012 dengan visi demokratisasi AI, Appier kini
memiliki 17 kantor di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat, serta tercatat
di Bursa Efek Tokyo.(Tim Liputan).
Editor : Lan