Sahabat Beramal Ikut Pengamanan Imlek Wujud Keharmonisan Kapuas Hulu

Editor: Redaksi author photo

Sahabat Beramal Ikut Pengamanan Imlek Wujud Keharmonisan Kapuas Hulu
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Sebagai wujud keharmonisan dan kerukunan organisasi masyarakat (Ormas) Sahabat Beramal Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, turut serta bersama TNI, Polri dan sejumlah pihak terkait dalam pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di daerah tersebut. Senin (23 Januari 2023).

"Untuk menciptakan Kamtibmas tentu tanggungjawab kita bersama apalagi ketika saudara-saudara kita warga Tionghoa merayakan Imlek termasuk juga perayaan hari keagamaan lainnya," kata Ketua Sahabat Beramal Kapuas Hulu Ade Muhammad Anuar Murkali.

Diketahui Sahabat Beramal merupakan organisasi masyarakat yang terdiri dari berbagai latar belakang, baik suku maupun agama di Kapuas Hulu.

Ade mengatakan, terlibatnya Ormas Sahabat Beramal dalam Operasi Liong Kapuas 2023 merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi seluruh pengurus dan anggota Sahabat Beramal.

Menurutnya, Operasi Liong Kapuas yang melibatkan semua pihak terkait termasuk Sahabat Beramal salah satu wujud kerukunan dan keharmonisan di tengah masyarakat Kapuas Hulu.

Saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, pihaknya juga ikut serta dalam pengamanan Lilin Kapuas, baik di Gereja mau pun di Pos pengamanan.

Ade mengajak seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap memelihara rasa kekeluargaan tanpa memandang perbedaan suku, agama mau pun golongan dengan mengedepankan rasa toleransi.


"Inilah sesungguhnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, perbedaan suku dan agama maupun golongan yang tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Trisno Tarigan mengatakan Operasi Liong Kapuas 2023 melibatkan semua pihak tidak hanya kepolisian, TNI mau pun pihak terkait termasuk juga organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan .

"Hingga saat ini situasi aman dan kondusif, semua yang terlibat dalam Operasi Liong Kapuas sangat sinergi," katanya.

Dia menyebutkan untuk pengamanan Imlek dan Cap Go Meh, Polres Kapuas Hulu menurunkan 185 personil yang tersebar di sejumlah titik pengamanan, selain itu diperkuat juga oleh TNI, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu serta Organisasi Sahabat Beramal.

"Keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat harus tetap kita jaga, berikan kenyamanan bagi saudara-saudara kita yang merayakan Imlek, toleransi dan kerukunan umat beragama modal utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara," katanya.
(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini