Pasca Diterjang Gelombang Pasang, Lanal Ketapang Perbaiki Dermaga Kayu di Pulau Cempedak

Editor: Redaksi author photo

Pasca Diterjang Gelombang Pasang, Lanal Ketapang Perbaiki Dermaga Kayu di Pulau Cempedak
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Gelombang dan pasang air laut (rob) yang terjadi beberapa waktu lalu dibeberapa Wilayah di Kabupaten Ketapang banyak memporak porandakan bangunan dan fasilitas umum, salah satunya yang terjadi di Kecamatan Kendawangan. Informasi terjadinya gelombang pasang tersebut juga dibagikan oleh warganet di media sosial. Dari video yang dibagikan tersebut terlihat beberapa rumah di pesisir pantai ambruk dan beberapa pohon tumbang akibat cuaca ekstrem. 

Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pulau Cempedak yang merupakan Desa binaan Lanal Ketapang juga tak luput dari bencana tersebut. Laporan dari Ketua RT 01 Pulau Cempedak sekaligus Ketua Pokdarwis Pulau Cempedak Bpk.Tono menyampaikan bahwa Dermaga kita hancur, dan sebagian tambak ikan warga juga hancur karena cuaca buruk tersebut. 

Selanjutnya pasca bencana cuaca buruk tersebut diadakan pertemuan bertempat di Kantor Desa Kendawangan kiri, Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang. Pjs. Paspotmar Lanal Ketapang Letda Laut (P) Heru Setiawan menghadiri rapat tentang Musyawarah Penanganan Dampak Bencana Cuaca Buruk Bulan Desember - Januari 2023 yang dihadiri aparatur Desa Kendawangan Kiri Bpk.Usman, Ketua Yayasan Webe Bpk.Setra Kusumardana,  Ketua Pokdarwis Pulau Cempedak Bpk.Tono dan Perwakilan Mahasiswa Politeknik Ketapang binaan Yayasan Webe. 

Adapun beberapa hal yang menjadi sasaran musyawarah tersebut antara lain, penanganan tanggap bencana, perlindungan aset wisata Pulau Cempedak dan stabilisasi ekonomi masyarakat pasca bencana. Sedangkan dari hasil musyawarah tersebut diperoleh beberapa kesimpulan diantaranya, akan dikirimkan surat secara resmi dari Yayasan Webe kepada Desa Kendawangan Kiri tentang fakta dampak cuaca ekstrim di Pulau Cempedak dan sekitarnya, balasan surat dari desa Kendawangan Kiri akan digunakan sebagai dasar untuk dilaporkan dan dilanjutkan ke tingkat Provinsi Kalbar dan untuk tahap awal Lanal Ketapang akan melaksanakan perbaikan Dermaga KBN yang rusak. 

Selanjutnya pula Lanal Ketapang laksanakan aksi perbaikan Dermaga Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pulau Cempedak yang rusak pada Rabu, (18 Januari 2023),  melalui Pjs. Paspotmar Lanal Ketapang dan beberapa perwakilan anggota Lanal Ketapang berserta masyarakat Pulau Cempedak secara bergotong royong melaksanakan perbaikan dermaga/pelantar yang rusak pasca bencana cuaca buruk beberapa waktu lalu.  

Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho M.Tr.Opsla menyampaikan pesannya kepada Pjs. Paspotmar bahwa tidak hanya perbaikan Dermaga saja, Lanal Ketapang juga akan melaksanakan perbaikan sarana dan prasarana umum yg rusak "Kami tidak hanya memperbaiki Dermaga saja, akan tetapi kami akan berada di Pulau Cempedak ini melaksanakan perbaikan sarana dan prasarana umum sampai beberapa hari ke depan," ucap Pjs. Paspotmar. 

"Kami berharap dukungan dari semua pihak, agar perbaikan Kampung Bahari Nusantara kita ini cepat selesai dan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di pulau Cempedak ini kembali seperti sediakala," tutup Pjs. Paspotmar.(Fendi's)

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini