Kelahiran Orang Utan Kalimantan di Awal Tahun 2023, Pertanda Baik Habitat Alaminya

Editor: Redaksi author photo

 Kelahiran Orang utan Kalimantan di Awal Tahun 2023, Pertanda Baik Habitat Alaminya
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Kabar gembira kembali datang dari konservasi orang utan di Kalimantan Barat. Orangutan betina hasil rehabilitasi bernama "Laksmi" melahirkan 1 (satu) individu bayi orang utan di dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Sabtu (28 Januari 2023).

Beberapa bulan belakangan, Laksmi memang terpantau dengan kondisi perut agak membesar dan diduga sedang hamil. Namun, belum sempat mendapat pemeriksaan medis, Laksmi sempat hilang dari pemantauan.

Kemudian, pada tanggal 25 Januari 2023, Laksmi muncul dengan membawa anak dan terpantau oleh tim monitoring dalam keadaan sehat. Informasi kelahiran bayi orang utan dari indukan Laksmi diperoleh dari Kepala Camp Monitoring Orangutan Teluk Ribas, Gregorius bersama tim monitoring.

Hingga saat ini kondisi bayi terus dilakukan pemantauan dan sedang diupayakan mendekati sang induk dalam rangka memastikan kesehatan sang induk pasca melahirkan dan jenis kelamin bayi orangutan.

"Kelahiran satu individu orang utan ini menambah daftar panjang kelahiran orangutan secara alami dan lestarinya habitat rumahnya di dalam kawasan TNBBBR," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat RM. Wiwied Widodo.

Kelahiran bayi orang utan ini merupakan anak ke-2 dari Laksmi yang dilahirkan di alam. Sebelumnya Laksmi juga menyumbangkan generasi baru orang utan betina pada awal Oktober 2021 dan oleh Wakil Menteri LHK, Alue Dohong diberi nama "Lusiana".

Kehadiran generasi-generasi baru orang utan ini menumbuhkan semangat dalam upaya konservasi serta keyakinan bahwa populasi orangutan khususnya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan di seluruh kawasan habitat orangutan Provinsi Kalimantan Barat akan terus terjaga dan bertambah. 

"Kelahiran mereka menjadi sangat penting dan bersejarah karena menjadi kebanggaan atas keberhasilan program rehabilitasi orang utan di Indonesia," kata Wiwied.

Perkembangan kondisi orangutan yang menggembirakan ini merupakan salah satu parameter terselenggaranya dengan baik program konservasi orang utan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui kegiatan pelepasliaran orang utan ke habitat alaminya yang dilakukan BKSDA Kalimantan Barat bersama Balai TNBBBR, yang didukung oleh Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang.

Terkait hal tersebut, Kepala Balai TNBBBR, Andi Muhammad Kadhafi menyampaikan bahwa kawasan TNBBBR merupakan habitat yang sesuai dan cocok bagi orangutan.

"Hal ini dapat kita lihat dari individu-individu orang utan yang telah melewati proses rehabilitasi dan pelepasliaran, dapat menjadi individu yang kembali mempunyai kehidupan liar serta beradaptasi untuk bertahan hidup dan berkembang biak secara alami," katanya.

Keberhasilan program penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan monitoring orangutan ini tidak hanya berhasil membuat Laksmi bahagia hidup bebas kembali dan berkembang biak di habitat alaminya, namun juga menjadi wujud kesuksesan Kementerian LHK bersama para pihak dalam menjaga kelestarian spesies orangutan di Indonesia pada umumnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini