Kantor Desa Danau Buntar Ditemukan Berantakan Dan Tak Ada Aktivitas

Editor: Redaksi author photo

Kantor Desa Danau Buntar Ditemukan Berantakan Dan Tak Ada Aktivitas 
KALBARNEWS.CO.ID (KENDAWANGAN) - Ironis disaat banyak Kepala Desa berdemo digedung DPR-RI pusat Jakarta untuk menuntut dan memperjuangkan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun namun sayang masih ada dijumpai Kepala Desa yang belum mampu menunjukan kepemimpinannya sebagai pelayan masyarakat, hal ini terbukti dilapangan dengan melihat kondisi kantor desa yang semrawut tak terurus dan tidak adanya aktivitas pelayanan masyarakat layaknya kantor pusat administrasi pemerintahan desa. Sabtu (21 Januari 2023).

Sejatinya Kantor Desa merupakan tempat atau pusat kegiatan penyelenggara administrasi kepemerintahan di desa, demikian halnya dengan Kepala Desa dan perangkatnya dituntut aktif melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan peraturan lain tentang Pemerintah Desa.

Namun tidak demikian yang ditemukan tim Monitoring dari Kecamatan Kendawangan yang dipimpin langsung oleh Camat Kendawangan Eldiyanto S.Sos M.M saat kunjungan kerja ke Desa Danau Buntar beberapa hari yang lalu, Desa Danau Buntar adalah desa penghujung di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang.

Saat dihubungi via WhatsApp, camat Kendawangan Eldiyanto membenarkan bahwa saat dirinya bersama tim monitoring kecamatan berkunjung ke Desa Danau Buntar didapatkannya kondisi kantor desa dalam keadaan tertutup tanpa adanya aktivitas layaknya kantor pemerintahan desa bahkan terkesan semrawut dan tak terurus, padahal sebelum turun ke desa-desa pihak monitoring Kecamatan telah mengirim surat ke desa desa terkait, sehubungan telah berakhirnya tahun anggaran 2022 dan telah memasuki tahun anggaran 2023 tentang program pelaksanaan kegiatan APBD tahun 2022 serta berdasarkan temuan dari Inspektorat Kabupaten Ketapang pada pemerintahan desa tersebut.

"Jangankan melihat adanya pembangunan, melihat kondisi kantor saja terlihat acak acakan dan tak berpenghuni karena tak ditemui Kepala Desa beserta perangkatnya, nampak jelas tidak pernah ada kegiatan yang dilakukan oleh Kades Danau Buntar dan perangkatnya,"  imbuh Eldy saat dikonfirmasi, Selasa (18 Januari 2023).

Eldiyanto menambahkan beruntung masih ada tokoh masyarakat yang menampung dirinya bersama timnya.

"Untung saja ada tokoh masyarakat yang mau menerima kehadiran rombongan kami, kami sangat berterima kasih kepada Bapak Margono yang telah ikut membantu dalam kegiatan aktivitas monitoring dari tim Kecamatan Kendawangan," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Hendi Kepala Desa Danau Buntar Kecamatan Kendawangan, tidak bisa dihubungi lewat telepon selulernya. (Fendi's).

Editor : Lan 

Share:
Komentar

Berita Terkini