Ini Wilayah yang Berpotensi Banjir Pesisir (Rob) Di Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Ini Wilayah yang Berpotensi Banjir Pesisir (Rob) Di Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - BMKG kembali mengeluarkan Peringatan Potensi Banjir Pesisir (Rob) Di Wilayah Pesisir Kalimantan Barat. Rabu (3 Januari 2023).

Adanya fase Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 06 Januari 2023 dapat berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Berdasarkan prediksi pasang surut Pushidros-AL, banjir pesisir (Rob) di wilayah pesisir Kalimantan Barat berpotensi terjadi pada tanggal 05 - 11 Januari 2023 dengan waktu yang berbeda sebagai berikut :

 1. Dini hari - pagi hari untuk wilayah Pemangkat dan sekitarnya

2. Pagi • siang hari untuk wilayah Kota Pontianak, Kendawangan dan sekitarnya (prakiraan pasang surut wilayah Pontianak dan Kendawangan terlampir).

Kondisi ini secara umum dapat menyebabkan terganggunya aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update peringatan dini banjir rob dan informasi cuaca maritim BMKG lainnya yang akan di sampaikan melalui :

• Grup WhatsApp (+628989111213)

• lnstagram dan facebook @infobmkg.maritimkalbar

• Twitter @bmkgmaritimpnk Demikian informasi untuk dapat diantisipasi (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini