Babinsa Patroli Antisipasi Karhutla Di Kalis Kapuas Hulu

Editor: Redaksi author photo

Babinsa Patroli Antisipasi Karhutla Di Kalis Kapuas Hulu
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Bintara pembina desa (Babinsa) Kodim 1206 Putussibau wilayah Koramil Kecamatan Kalis dan Bika Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah tersebut. Sabtu (21 Januari 2023).

"Babinsa melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla karan sekarang musim kemarau," jelas Danramil Kalis Pelda Mulyadi.

Disampaikan Mulyadi, selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 1206 Putussibau, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut untuk di Kecamatan Kalis.

"Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau," jelasnya.

Dia mengatakan hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengimbau agar masyarakat mengantisipasi Karhutla, karena saat ini cuaca cukup panas dan musim kemarau.

"Yang perlu kita cegah dan antisipasi bencana alam karena cuaca tidak menentu, sekarang ini cuaca panas dan kemarau rawan terjadinya Karhutla, " kata dia.

BPBD Kapuas Hulu juga melibatkan kelompok masyarakat peduli api dan pihak perkebunan kelapa sawit dalam mengantisipasi Karhutla.

"Kita seru melakukan pelatihan penanggulangan Karhutla, tetapi perlu ada upaya pencegahan dengan kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi Karhutla," pesannya.
(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini