Purbalingga Luncurkan Sepeda Motor Listrik Bralink EV-1

Editor: Redaksi author photo

Purbalingga Luncurkan Sepeda Motor Listrik Bralink EV-1
KALBARNEWS.CO.ID (PURBALINGGA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, meluncurkan sepeda motor berenergi listrik prototipe Purbalingga dengan nama Bralink EV-1 yang merupakan karya putra daerah setempat.

Peluncuran sepeda motor listrik Bralink EV-1 dilakukan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berbarengan dengan pembukaan Purbalingga Expo 2022 di kompleks Gelanggang Olahraga Goentoer Darjono, Purbalingga. Kamis (15 Desember 2022).

Saat memberi sambutan, Bupati mengatakan sepeda motor listrik protipe tersebut merupakan salah satu inovasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga.

"Jadi, ternyata kita tidak kalah dengan kabupaten lain karena ternyata Purbalingga ini bisa membuat sepeda motor listrik prototipe asli buatan Kabupaten Purbalingga," katanya.

Menurut dia, pembuatan sepeda motor listrik prototipe Purbalingga itu sejalan dengan program dari Kementerian Perindustrian.

Dalam hal ini, kata dia, saat sekarang merupakan masa transisi dari alat transportasi konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil menuju alat transportasi berenergi listrik.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Kementerian Perindustrian terus mendampingi Purbalingga dalam mengembangkan sepeda motor listrik protipe tersebut.

"Syukur-syukur ada bantuan dari pusat, sehingga Purbalingga terus semangat nantinya, memroduksi sepeda motor listrik untuk Indonesia, untuk masyarakat," kata Bupati.

Menurut dia, hal itu disebabkan sepeda motor listrik buatan Purbalingga tersebut langsung dibuat oleh pegiat-pegiat industri kecil menengah (IKM).

"Langsung asli dibuat oleh anak-anak SMK. Jadi ini memang betul-betul hasil kreativitas mereka yang kebetulan didampingi oleh PT Rainbow Moto Builder," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Purbalingga Expo 2022 Suroto mengatakan sepeda motor listrik Bralink EV-1 tersebut di Kompleks Industri Logam yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga di daerah Sayangan.

"Dalam Purbalingga Expo ini juga diluncurkan 176 inovasi termasuk di dalamnya peluncuran sepeda motor listrik buatan Purbalingga," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purbalingga itu.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini