Polri Imbau Masyarakat Jaga Kondisi Kendaraan Cegah Kecelakaan

Editor: Redaksi author photo

Polri Imbau Masyarakat Jaga Kondisi Kendaraan Cegah Kecelakaan
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengimbau masyarakat yang mau melakukan perjalanan mudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 agar menjaga kondisi kendaraan guna terhindar dari kecelakaan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Nurul Azizah, di Jakarta, Sabtu, mengatakan kondisi cuaca selama libur Natal dan Tahun Baru berdasarkan prakiraan BMKG diwarnai hujan. Sabtu (24 Desember 2022).


“Kami mengimbau kepada masyarakat senantiasa menjaga ketertiban ketika melaksanakan cuti natal dan tahun baru, tidak melakukan pelanggaran, menjaga kesehatan baik itu manusia maupun kendaraan yang digunakan,” kata Nurul.


Menurut Nurul, Polri bersama TNI dan pemangku kepentingan terkait yang terlibat dalam pengamanan Operasi lilin 2022 bekerja maskimal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Indonesia selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.


Namun, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk menjaga ketertiban, mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar perayaan natal dan tahun baru kali ini berjalan aman dan nyaman.


“Itu pesan kepada masyarakat Indonesia sehingga perayaan natal dan tahun baru dapat berjalan aman dan nyaman,” katanya.


Menjelang perayaan Natal 2022, volume kendaraan yang keluar dari Jakarta menuju Jawa Barat, di sejumlah ruas jalan tol mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan ada sekitar 44,4 juta masyarakat melakukan perjalanan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.


Selain mengecek kondisi kendaraan, masyarakat pengendara juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan selama melaju di jalanan baik jalan tol maupun arteri.


“Karena kondisi lalu lintas ketika hujan akan licin sehingga diimbau kepada seluruh masyarakat dalam mengendarai kendaraan agar menjaga kecepatan kendaraannya,” ujar Nurul.

Berdasarkan catatan Informasi Polri tanggal 22 Desember 2022, terjadi 502 kejadian kecelakaan lalu lintas di sejumlah wilayah di Indonesia, dengan rincian sebanyak 47 orang meninggal dunia, 51 orang luka berat, dan luka ringan sebanyak 405 orang, dengan kerugian materil yang ditimbulkan sebesar Rp975 juta.

Guna mendukung kelancaran libur Natal dan Tahun Baru, Divisi Humas Polri melalui akun resmi Instagram @divisihumaspolri membagikan tips untuk aman dan nyaman selama berpergian di libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya mencatat nomor-nomor penting.


Nomor-nomor penting yang bisa dihubungi saat terjadi situasi darurat, di antaranya Pusat Krisis Kemenkes nomor 0812-1212-3119, Ambulans nomor 118 atau 119, BPJS Kesehatan di nomor 1-500-400, Pertamina Deliver Service di nomor 135 atau website PDS135.com.

Selanjutnya nomor informasi jalan tol 0813-8006-8000 atau https://BINAMARGA.PU.GO.ID/INDEX.PHP/CONTENTS/CCTV, nomor telepon Jasa Marga 14080, Direktorat Lalu Lintas Polri (012) 798-9702 atau sms ke nomor 9119, PLN call center 123 atau aplikasi PLN Mobile. (Tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini