Pemkab Sigi Harap Dukungan Kemendes PDTT Optimalkan Program TORA

Editor: Redaksi author photo

Pemkab Sigi Harap Dukungan Kemendes PDTT Optimalkan Program TORA
KALBARNEWS.CO.ID (SIGI) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan dukungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mengoptimalkan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dalam rangka menunjang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat berbasis desa.Minggu (25 Desember 2022).

"TORA adalah program nasional yang dalam implementasinya di Kabupaten Sigi kami melibatkan multipihak," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, dihubungi dari Sigi, Sabtu (24/12) terkait kunjungan kerja ke Kemendes PDTT.

Mohamad Irwan mengatakan telah bertemu dengan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini, di Jakarta, Kamis (22/12). Dalam pertemuan itu Mohamad Irwan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Wulur.

Pemkab Sigi, kata Irwan, telah melaksanakan program TORA sejak 2016. Dalam pelaksanaan program itu, Pemkab Sigi melibatkan multipihak yang tergabung dalam Gugus Tugas Reforma Agraria.

"Namun, kami butuh dukungan para pihak termasuk Kemendes PDTT, agar TORA sebagai satu bentuk pemberdayaan masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, total luas usulan reforma agraria yang telah diperjuangkan sejak 2016 hingga saat ini di Kabupaten Sigi seluas 185.742,07 hektare.

Luas reforma agraria itu terdiri atas luas usulan TORA dalam kawasan hutan 85.978,73 hektare, usulan TORA di luar kawasan hutan seluas 23.172,01 hektare, perhutanan sosial (hutan desa) 7.806,14 hektare, dan hutan adat 68.785,20 hektare.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Sigi sedang mengupayakan agar tanah bekas Hak Guna Usaha PT Hasfarm di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, dan Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Kota, untuk diberikan kepada masyarakat dua desa tersebut.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini