Lima BUMD Ikuti Bursa Kerja Disabilitas

Editor: Redaksi author photo

Lima BUMD Ikuti Bursa Kerja Disabilitas
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Sebanyak lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta memastikan untuk ikut bursa kerja disabilitas di Lapangan Banteng pada Sabtu (3/12) sebagai bagian dari peringatan Hari Disabilitas Internasional. Kamis (1 Desember 2022).

"Kelima BUMD DKI telah mengkonfirmasi ikut serta dalam bursa kerja ini, terdiri PT Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Bank DKI, PT MRT Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Perumda Pasar Jaya," kata Wakil Ketua II Baznas (Bazis) DKI Jakarta Sa’at Suharto dalam konferensi pers peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Bursa kerja itu, kata Sa'at, akan diikuti total 20 perusahaan dan memang bukan hal yang baru karena sebelumnya pernah dilaksanakan di Bandung.

"Tapi ini adalah yang pertama di Jakarta," ujar Sa’at.

Meski akan menggelar bursa kerja, dia mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kuota lowongan kerja bagi penyandang disabilitas dalam kegiatan tersebut.

"Bagi teman-teman disabilitas yang berminat bisa mendaftar melalui link https://bit.ly/jobfairdisabilitas2022," ucapnya.

Kegiatan itu berkolaborasi dengan Disnaker DKI ini, kata Sa'at, merupakan bagian dari acara bertajuk Jakarta Cinta Disabilitas untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang akan dipusatkan di Lapangan Banteng pada 3 Desember 2022, berbarengan dengan kegiatan lainnya.

Adapun kegiatan lain yakni lomba menggambar mural khusus disabilitas di Terowongan Kendal; pembagian lengan bionik dan lutut prostetik kolaborasi Rumah Amal Salman, pembuatan SIM D/D1 kolaborasi Polda Metro Jaya; pembuatan KTP kolaborasi Disdukcapil dan pemeriksaan kesehatan kolaborasi dinkes dan dinsos.

Selain itu, juga pemberian apresiasi terhadap disabilitas inspiratif; pemerhati disabilitas serta perusahaan ramah disabilitas.

Selain itu, pihaknya telah melaksanakan berbagai program dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional antara lain distribusi bantuan sebanyak 25 Al-Quran Braille; distribusi sebanyak 350 Al-Quran Murrotal Digital; bedah rumah disabilitas yang dhuafa; pelatihan kerja kreator konten dan desain grafis bagi disabilitas.

Termasuk juga, pekan bagi borong dagangan disabilitas, kemudian hasilnya dibagikan kepada yang membutuhkan.


"Tujuan Baznas menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian (awareness) terhadap disabilitas di tengah masyarakat sehingga mereka dapat memiliki akses yang sama dengan non disabilitas dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup," ujarnya.(tim liputan0

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini