Disdik Sulsel Dorong PAUD Holistik Integratif

Editor: Redaksi author photo

Disdik Sulsel Dorong PAUD Holistik Integratif
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASSAR) - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan fokus mendorong pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di daerah itu. Minggu (4 Desember 2022).

Kepala Disdik Sulsel Setiawan Aswad dalam keterangannya di Makassar, Minggu mengatakan dari segi kelembagaan diupayakan agar PAUD itu, terus berkembang sehingga bentuknya menjadi yang ideal menjadi PAUD HI yang nantinya bukan lagi pendidikan tetapi terfokus dalam pengembangan anak usia dini

"Artinya, semua yang berkenaan dengan perkembangan anak itu, tidak hanya pendidikan, kesehatan, pengasuhan, makanan atau gizi, perlindungan, dan layanannya itu harus ada diberikan anak usia dini," kata Setiawan.


Dalam mewujudkan hal itu, pihaknya berupaya meningkatkan pemahaman pendidik PAUD terhadap konsep PAUD HI. Termasuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD dalam mengimplementasikan PAUD HI pada satuan PAUD.


Selain itu, pihaknya akan memperkuat sinergitas bersama Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan untuk terus mendorong kualitas pendidikan khususnya bagi anak usia dini.


"Ke depan kita bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten/kota menguatkan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP itu dengan cara bersinergi dengan melalui kebijakan yang berpihak dan akan kita lakukan forum-forum komunitas sinergitas antara pemerintah kabupaten/kota hingga ke desa/lurah, kecamatan, kabupaten sampai ke provinsi dalam rangka pengembangan karakter dan pendidikan anak," ujarnya.


Terakhir, adalah SDM dan hari ini SDM yang digenjot untuk penguatan SDM dan nantinya kegiatan ini akan berkelanjutan, terukur dan tentu akan menyesuaikan cara yang sekarang dan akan di kombinasikan dengan cara hybrid.


"Sebelum masuk ke ruangan, akan dibekali nanti dengan pembelajaran yang sifatnya online kurang lebih dua hari untuk mendalami lebih jauh rencana aksi mereka yang nantinya dilaksanakan untuk mengembangkan PAUD," ujarnya. (Tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini