Capaian Kampung KB Sulsel Lampaui Target 2022

Editor: Redaksi author photo

Capaian Kampung KB Sulsel Lampaui Target 2022
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASSAR) - Pencapaian Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Sulawesi Selatan tercatat 1.659 kampung atau melampaui target 1.440 pada 2022.

"Pada kampung KB ini dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi kegiatan Program Bangga Kencana dan Alhamdulillah, sudah melampaui target 1.440 kampung pada 2022," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel Hj Andi Ritamariani di Makassar, Senin (26 Desember 2022),

Dia mengatakan, capaian kampung KB sebanyak 1.659 kampung yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel ini, tidak terlepas dari peranan semua pihak di lapangan.

Khususnya peran dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan, kader PKK dan kader KB yang berjumlah 20.046 orang atau 6.682 TPK dalam melaksanakan fungsi pendampingan kepada kelompok sasaran.

Menurut Andi Rita, dalam hal manajerial, telah dilakukan pembentukan atau pengembangan kelembagaan, penambahan SDM, dan penyediaan anggaran yang mendukung penurunan prevalensi balita stunting.


"Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) telah terbentuk di semua level provinsi hingga desa." katanya.

Demikian pula Satuan Tugas (Satgas) juga telah tersedia di seluruh provinsi dan di tingkat kabupaten/kota, meskipun ada Satgas kabupaten/kota yang merangkap wilayah kerjanya.

Sementara untuk meningkatkan kapasitas SDM para fasilitator atau pendamping di lapangan, lanjut Kaper BKKBN Sulsel, telah dilakukan Pelatihan Fasilitator TPK sebanyak 383 orang.

Selain itu, Pelatihan Orientasi Percepatan Penurunan Stunting bagi Kader TPK sebanyak 20.046 orang, pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi dokter/bidan sebanyak 45 bidan, dan pelatihan pemanfaatan aplikasi "New Siga" sebanyak 80 orang
. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini