180 Gereja Di Kapuas Hulu Digunakan Untuk Ibadah Natal

Editor: Redaksi author photo

180 Gereja Di Kapuas Hulu Digunakan Untuk Ibadah Natal
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Kepolisian Resor Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyatakan 180 gereja di Kapuas Hulu melaksanakan ibadah Natal yang tersebar di 23 kecamatan di wilayah tersebut.

"Kami menempatkan petugas keamanan di masing-masing gereja yang melaksanakan ibadah Natal, selain itu kami juga sudah melaksanakan koordinasi dengan pengurus gereja," kata Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Trisno, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu sore. (24 Desember 2022).

Disampaikan Edhi, tercatat jumlah gereja di Kapuas Hulu sebanyak 480 gereja baik itu gereja Katolik mau pun gereja Kristen Protestan.

Namun, dari 480 gereja, hanya sekitar 180 gereja yang digunakan untuk ibadah Natal.

Menurutnya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang merayakan Natal Polres Kapuas Hulu telah menurunkan 402 personil petugas keamanan.

Selain itu, diperkuat oleh personil TNI dan juga melibatkan Sat Pol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, organisasi kemasyarakatan dan sejumlah pihak terkait yang terlibat dalam Operasi Lilin Kapuas 2022.

Dikatakan Edhi, dalam Operasi Lilin Kapuas 2022, yang dimulai pada 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 tersebut telah didirikan satu posko terpadu pengamanan di samping Gereja Katolik Putussibau.

Kemudian, ada tiga pos pelayanan yaitu di Bandara Pangsuma Putussibau, Simpang Silat Kecamatan Silat Hilir dan Terminal Badau Kecamatan Badau.

Sementara itu, Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Hilman Malaini memastikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Kristiani yang merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Dia mengatakan petugas keamanan akan ditempatkan di setiap gereja yang melaksanakan ibadah Natal.

Selain itu, akan melaksanakan patroli gabungan secara intensif sebagai upaya cegah dini dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat terutama saat ibadah Natal.

Dia pun mengajak kepada seluruh lapis masyarakat untuk bersama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang merayakan.

"Kita bersama-sama wujudkan kerukunan umat beragama, toleransi serta meningkatkan tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan di tengah masyarakat," pesan Hilman.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini