Waspadalah : Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Keluarkan Update Banjir ROB

Editor: Redaksi author photo

Waspadalah : Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Keluarkan Update Banjir ROB
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak mengeliuarkan update tentang banjir ROB.  informasi Peringatan Dini Banjir ROB ini berlaku tanggal 01 November 2022 Pukul 10.00 WIB s/d 01 November 2022 Pukul 14.30.

Dengan prakiraan pasang maksimum 1,6 Meter waktu pasang air antar jam 11.00 - 14.00 Wib dan tinggi gelombang 0,1 - 0,3 Meter.

Dengan adanya fenomena ini, masyarakat di sekitar pesisir, bantaran sungai dan daerah yang lebih rendah di himbau tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Air Laut Maksimum, seperti adanya genangan.

Perlu diketahui banjir ROB adalah kenaikan air di daratan wilayah pesisir selama air laut pasang saangat tinggi atau adanya gelombang badai. Adapun banjir ini umumnya terjadi sementara dan biasanya terjadi dalamn waktu singkat saat air pasang saja.

Banjir ROB ini disebabkan adanya pasang maksimum air laut yang terjadi karena faktor astronomis diferensial grativitasi bulan dan matahari, juga di sebabkan oleh gelombang tingginair laut oleh pengaruh angin dan bisa juga di sebabkan oleh gabungan antara faktor astronomis dan gelombang tinggi. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini