Penurunan Pasar Semikonduktor Ke Wilayah (musiman) Yang Belum Dipetakan

Editor: Redaksi author photo

Penurunan Pasar Semikonduktor Ke Wilayah (musiman) Yang Belum Dipetakan
KALBARNEWS.CO.ID (LONDON) -- Pasar semikonduktor telah mengalami pertumbuhan pendapatan berurutan yang sangat baik selama periode pandemi COVID-19 yang dimulai pada awal tahun 2020, menurut Alat Lanskap Kompetitif (CLT) Semikonduktor Omdia. Dalam periode waktu tersebut, terjadi rekor pertumbuhan pendapatan selama delapan kuartal berturut-turut. Sekarang pasar tersebut mulai menyusut selama dua kuartal terakhir. Pendapatan semikonduktor 3Q22 adalah $147 Miliar, turun 7% dari kuartal sebelumnya sebesar $158 Miliar. Selasa (22 November 2022).

"Penurunan pasar tidak seragam," ujar Analis Riset Senior, Cliff Leimbach. "Bagian-bagian yang berbeda dari pasar mendorong kelemahan pada waktu yang berbeda. Penurunan 2Q22 itu didorong oleh pasar PC yang melemah, dengan Intel yang menurun sebesar 17%. Penurunan terbaru disebabkan oleh lemahnya pasar memori. Pendapatan memori mengalami penurunan sebesar 27% secara kuartalan (QoQ) karena penurunan permintaan pusat data, PC, dan seluler, ditambah dengan penyesuaian inventaris dari pelanggan."  


Setelah catatan rekor tersebut, pasar semikonduktor mulai mendingin dan kepercayaan konsumen memudar sehingga mengakibatkan penurunan bersejarah selama kuartal ketiga. Penjualan semikonduktor meningkat dalam mengantisipasi peningkatan permintaan konsumen pada paruh kedua tahun ini. Dari tahun 2002 hingga 2021, rata-rata jangka panjang pertumbuhan kuartalan sebesar 8%.


Tiga perusahaan yang berfokus pada memori (Samsung Electronics, SK Hynix, dan Micron Technology), semua turun satu posisi. Meski para pemasok memori utama mengalami penurunan pendapatan semikonduktor lebih dari $10 miliar selama 3Q22, bukan hanya perusahaan mereka yang mengalami kesulitan. Pendapatan AMD menurun karena mereka mengalami kelambatan permintaan untuk PC dan pengurangan inventaris, serupa dengan kondisi pasar yang dirasakan oleh Intel pada kuartal sebelumnya.


Omdia, bagian dari Informa Tech, merupakan grup riset dan konsultasi teknologi. Pengetahuan mendalam kami tentang pasar teknologi ditambah dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan banyak organisasi dalam membuat keputusan untuk bertumbuh secara cerdas.(tim Liputan)

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini