KALBARNEWS.CO.ID (LONDON) -- Riset baru dari
Omdia menunjukkan bahwa iklan video online akan menghasilkan lebih dari $331 miliar pada tahun 2027 dan 37% dari pendapatan
tersebut akan menjadi milik satu perusahaan saja, yaitu TikTok. Jumat (18 November 2022).
Pendapatan Iklan TikTok Melebihi Pendapatan Iklan Video META Dan YouTube Tahun 2027
“Pengiklan mulai
menjauhi META dan YouTube serta mendekati TikTok untuk menjangkau basis
pengikut mereka yang luas," ujar Maria Rua Aguete, Direktur Senior di
kelompok latihan Media dan Hiburan Omdia.
"Di Amerika Serikat, TikTok telah menyalip platform media
sosial lainnya untuk menjadi tempat terpopuler menonton video. Pelacak kami
untuk waktu menonton media sosial menunjukkan bahwa konsumen menghabiskan lebih
dari setengah jam di TikTok pada tahun 2022. Bulan lalu, riset kami
menunjukkan bahwa TikTok melampaui Netflix menjadi aplikasi terpopuler kedua di
AS, dengan hanya YouTube yang mempertahankan mahkotanya untuk penonton berusia
kurang dari 35 tahun."
TikTok mencapai masa yang paling menentukan dengan sangat cepat
dan menjadi populer di pasar konsumen kalangan muda, demografi yang dicari-cari
oleh para pengiklan. Pasar ini secara tradisional sulit dijangkau melalui
saluran seperti TV linier tradisional dan jaringan sosial lainnya.
Menurut riset Omdia, sektor ini sedang menuju arah yang positif
dengan total pendapatan media global yang diperkirakan akan melampaui satu
triliun dolar pada tahun 2027.
Mengikuti tuntutan di seluruh dunia, TikTok telah begitu sukses
di Tiongkok dengan integrasi e-commerce. Kegiatan ini diharapkan dapat
berlanjut dengan platform yang bertujuan untuk menciptakan ulang di wilayah
lain di seluruh Asia-Pasifik dengan membangun kemitraan bersama para pemain
e-commerce regional.
Tinjauan lebih dekat menunjukkan bahwa Netflix akan menghasilkan
pendapatan sebesar $7,4 miliar pada tahun 2027, setara dengan 2% di
pasar iklan video online.
Di sisi lain, Meta kurang menyikapi dengan baik pembatasan
privasi Apple yang diimplementasikan tahun lalu. Iklan pada Meta kehilangan
efektivitasnya yang menyebabkan banyak merek mengalihkan anggaran iklan mereka
ke tempat lain.
Aguete menyimpulkan: "Perjalanan TikTok telah begitu
menarik dan jelas bahwa model mereka berfungsi. Ini adalah platform yang
menawarkan jangkauan dan potensi besar bagi para pengiklan yang tidak dapat
diabaikan."
Omdia, bagian dari Informa Tech, merupakan grup riset dan
konsultasi teknologi. Pengetahuan mendalam kami tentang pasar teknologi
ditambah dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan banyak
organisasi membuat keputusan untuk bertumbuh secara cerdas. (Tim Liputan)
Editor : Aan