Masuki Usia ke-75 Hermawan Kartajaya Nyatakan Siap Jadi Kadaver dan Umumkan Film Dokumenter

Editor: Redaksi author photo

Masuki Usia ke-75 Hermawan Kartajaya Nyatakan Siap Jadi Kadaver Umumkan Film Dokumenter
KALBARNEWS.CO.ID (SURABAYA) - Hermawan Kartajaya, sang begawan pemasaran Indonesia memasuki usia 75 tahun pada 18 November 2022 dengan rangkaian acara bertajuk HK75 A Guru Learn. Think. Share. Tema ini berangkat dari sosok Hermawan sendiri yang telah dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped the Future of Marketing. Jumat (18 November 2022).

Meniti karir sebagai guru matematika, kemudian merintis bisnis dengan menerbitkan puluhan buku pemasaran, hingga mengisi berbagai forum bagi praktisi bisnis di seluruh dunia menjadikan Hermawan seorang guru yang ilmunya terus dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Membuka usia baru, Hermawan Kartajaya menjalankan ibadah misa syukur di Kapel SMAK St. Louis 1 Surabaya. Pada sambutannya, Ia terpacu semangat dari ajakan pakar pemasaran dunia, Philip Kotler, untuk menulis buku pemasaran hingga menginjak usia ke-100.

“Di usia 75 dan mendatang saya tetap akan menjadi guru, maka saya perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Hadirlah tema HK75 A Guru: Learn Think, Share. Dimana ilmu lama dan baru akan dikoneksikan dan kemudian dibagikan ke orang-orang yang percaya.” ucap Hermawan Kartajaya Salah satu keputusan besar Hermawan di usia ke-75 nya ini adalah menjadi Kadaver yang akan disumbangkan ke Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya. Kadaver merupakan jenazah yang diawetkan dan digunakan untuk kepentingan pembelajaran praktikum anatomi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan kesehatan.

Hal ini menjadi wujud kepedulian Hermawan pada pengembangan keilmuan meski ruhnya telah tiada, juga mencerminkan upaya Hermawan untuk terus menjadi ‘guru abadi’, yang sedari dulu melekat dalam dirinya. Wasiat kadaver ini bukan menjadi keputusan yang mudah, butuh bertahun-tahun bagi Hermawan untuk meyakinkan kerabat dan keluarga. Niat mulia ini pada akhirnya menemui titik terang, dan diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman secara simbolis pada 18 November 2022 dengan tajuk Day of Giving: Timeless Sharing As Timeless Teacher.

“Ada nilai pengorbanan yang menjadikan beliau sosok guru abadi yang baik. Guru yang baik memiliki komunikasi, etika, dan nilai kehidupan yang dapat dijadikan contoh. Hermawan Kartajaya adalah The Great Teacher that Inspires. Selamat ulang tahun Pak Hermawan Kartajaya” ucap Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp OG (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Wasiat Kadaver Menginjak usia baru di tahun ini, napak tilas kehidupan Hermawan Kartajaya diabadikan dalam satu putaran film dokumenter, berjudul HK75 - A Guru: Learn, Think, and Share yang ditayangkan pada 18 November 2022 di sesi Special Dinner and Short Preview of HK75 Documentary Movie.

Mengulik kehidupan sebagai seorang guru yang telah diakui dari berbagai kalangan, film dokumenter ini menceritakan bagaimana seorang Hermawan Kartajaya menaklukan, mempertahankan dan berbuat baik terhadap masyarakat.

Bagi Hermawan, kesuksesan adalah kombinasi dari bagaimana Anda melakukan sesuatu, seberapa cepat Anda berpikir dan seberapa besar Anda berbagi. Film dokumenter ini dapat ditonton oleh publik dalam kanal streaming Vidio.com. Sesi Special Dinner and Short Preview of HK75 Documentary Movie ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, Emil Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, turut memuji spirit Hermawan Kartajaya yang terus menggelora tanpa mengenal usia, dan penuh dengan toleransi.

“Hermawan Kartajaya adalah guru bagi kita semua. Dari menit pertama bertemu dengannya saya tahu bahwa 'ini adalah pria yang aktif, antusias, baik hati, rendah hati dan dengan hormat mewakili Ceko di Indonesia.", ujar H.E. Jaroslav Dolecek selaku Ambassador of Czech Republic in Indonesia

Di sisi lain, di usia ke-75 ini Hermawan menjelajahi kota kelahirannya, Surabaya. Rangkaian kegiatan yang disebut HK75 ini dimulai pada tanggal 15 hingga 20 November 2022 dengan perjalanan menggunakan Kereta Api Wisata, termasuk mengunjungi Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi.

Pasalnya, desa tersebut merupakan pemenang juara satu Desa Terbaik Kategori Desa Digital Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang berbasis Smart Kampung sejak 2016. Hermawan juga mengunjungi Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT), Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk memberikan bekal kuliah umum.

Selain itu, rangkaian HK75 juga dimeriahkan kegiatan lainnya di Karanganyar seperti Sarasehan & Mindfulness Nusantara oleh The Golden Space bersama Stephanie Hermawan, dan sederet aktivitas lainnya.

Acara special dinner HK75 juga dihadiri oleh H.E. Jaroslav Dolecek selaku Ambassador of Czech Republic in Indonesia, Adi Saputra Tedja Surya selaku Vice Honorary Consul General of Czech Republic, Dr. Emil Elestianto Dardak selaku Wakil Gubernur Jatim, Moch. Nur Arifin selaku Bupati Trenggalek, Baddrut Tamam selaku Bupati Pamekasan, Dahlan Iskan, Soegianto Nagaria selaku Direktur Investment Property Summarecon, Hermanto Tanoko selaku Founder Tancorp Group dan masih banyak lagi. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini