BMKG : Prospek Iklim Dasarian Provinsi Kalimantan Barat

Editor: Redaksi author photo

BMKG : Prospek Iklim Dasarian Provinsi Kalimantan Barat
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - BMKG memperkirakan Hujan lebat diprakirakan kembali meningkat di seluruh Kalimantan Barat  di harapkan untuk masyarakat untuksiaga hadapi banjir

Untuk Kondisi iklim saat ini Curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III November 2022 secara umum berada pada kategori Rendah – Menengah (11 s.d 150 mm/das). Curah hujan tertinggi sebesar 203 mm/das di kabupaten Sanggau (Meliau). Sifat hujan pada dasarian III November 2022 secara umum Bawah Normal - Normal. Rabu (30 November 2022).

 Monitoring hari tanpa hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III November 2022 secara unum berada pada kategori Sangat Pendek. HTH terpanjang adalah 4 hari yaitu di di Kab.Bengkayang (Lemah Bawang), Kab. Melawi (Blimbing), Kab. Sambas (Tebas).

 PROSPEK KONDISI DINAMIKA ATMOSFER

Update kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukan:

- ENSO : La Nina Lemah (indeks –1.07), diprakirakan berlangsung hingga Maret 2023;

- IOD : IOD Negatif (indeks -0.4), diprakirakan akan  Netral hingga akhir netral 2022;

- Suhu Muka Laut sekitar perairan Kalimantan Barat : dalam kondisi hangat dengan anomali 0.25 s.d. 0.5, diprakirakan akan berlangsung hingga Desember 2022.

- OLR : anomali negatif pada dasarian I Desember 2022, ada potensi peningkatan pembentukan awan pada dasarian I Desember 2022.

- MJO : pada region 7, tidak berdampak pada curah hujan dasarian I Desember 2022 di Kalimantan Barat

- Gerak angin : Terdapat pusat tekanan rendah di utara Kalbar yang berpotensi menyebabkan terjadinya konvergensi disepanjang wilayah Kalimantan Barat

PELUANG CURAH HUJAN DASARIAN I DESEMBER 2022:

Curah hujan di Kalimantan Barat pada dasarian I Desember 2022 umumnya masih dipengaruhi oleh La Nina, IOD, suhu muka laut, OLR , dan gerak angin.

Peluang >70% terjadinya curah hujan dengan intensitas >100mm diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

Peluang >70% terjadinya curah hujan dengan intensitas >150mm diperkirakan terjadi di sebagian kecil wilayah Kab/Kota Kapuas Hulu, Melawi, Sanggau, Landak, dan Ketapang .

 PRAKIRAAN CURAH HUJAN :

Curah hujan dasarian I (01-10) Desember 2022 diprakirakan berada pada  kategori Menengah hingga Tinggi (100-200 mm/dasarian) dengan Sifat hujan umumnya Normal, Bawah Normal terjadi di sebagian kecil kab/kota Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang. Curah hujan diprediksi terjadi sepanjang dasarian I Desember 2022. Curah hujan tertinggi berpotensi terjadi di sebagian wilayah pesisir Kalimantan Barat, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu.

 DAMPAK DAN PERINGATAN DINI :

Masyarakat diimbau waspada terhadap dampak akibat kondisi curah hujan tinggi seperti potensi terjadinya banjir/genangan terutama pada wilayah pesisir Kalimantan Barat, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu.

 Demikian prospek iklim dasarian provinsi Kalimantan Barat, semoga bermanfaat bagi Mitra Iklim Kalbar. Untuk keperluan perencanaan dalam kegiatan operasional agar dapat menghubungi BMKG sebagai antisipasi perubahan atau pembaruan dari prospek iklim ini.(Tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini