Pj Bupati Samuel Minta OPD Dan Camat Gerak Cepat Turunkan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Pj Bupati Samuel Minta OPD Dan Camat Gerak Cepat Turunkan Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (LANDAK) - Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat untuk bergerak cepat dalam upaya percepatan penurunan stunting. Pasalnya saat ini stunting di Kabupaten Landak masih berada pada angka 22,4 persen. Sementara secara nasional target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Landak Samuel saat rapat koordinasi audit kasus stunting Kabupaten Landak. Selasa (18 Oktober 2022).

"Kita tidak punya waktu yang lama untuk mencapai angka target nasional. Saya harap semua bersinergi, OPD saya minta percepat akselerasi kerahkan semua kemampuan dibantu camat, kepala puskesmas dan kepala desa," ucap Pj Bupati Samuel.

Samuel menambahkan percepatan penurunan stunting tetap akan menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Landak. Karena kasus stunting merupakan ancaman bagi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga diperlukan peran serta semua unsur untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dari lahir hingga hari tua. 

Dirinya menyebutkan stunting merupakan permasalahan yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu serta terintegrasi. Serta tetap mengutamakan kolaborasi bersama semua pihak baik pemerintah, pengusaha swasta, tokoh agama dan masyarakat.

"Saya berharap seluruh elemen yang bertanggung jawab atas ketahanan keluarga untuk bisa menyamakan persepsi untuk membangun dan mencari solusi untuk berbuat yang terbaik bagi Kabupaten Landak," katanya.

Samuel menegaskan dalam upaya percepatan penurunan stunting secara regulasi dan sistem di Kabupaten Landak sebenarnya telah tersedia. Bahkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Landak telah terbentuk dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Namun regulasi tersebut harus diimplementasikan secara maksimal dilapangan.

"Saya tekankan kepada semua OPD terkait,  camat, dan pihak yang tergabung dalam TPPS untuk dapat melakukan rencana aksi yang telah ditetapkan sesuai peran dan fungsi masing-masing," tegasnya.

Samuel juga menekankan sinergi dan kolaborasi semua pihak dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Landak. Dengan dukungan semua pihak maka menurutnya upaya percepatan penurunan stunting akan maksimal. Terutama dalam mencapai target penurunan stunting nasional.

"Saya minta semua serius untuk sama sama bergerak dalam penurunan stunting. Semua bergerak melakukan aksi sesuai tugas pokok dan fungsi," tutupnya. (BP).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini