Lanal Ketapang Laksanakan Penyuluhan Dan Penebaran Benih Ikan Lele

Editor: Redaksi author photo
 Lanal Ketapang Laksanakan Penyuluhan Dan Penebaran Benih Ikan Lele 
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG)  - Pangkalan TNI AL (Lanal) Ketapang melaksanakan program Bintahwilmar dengan aksi Penyuluhan dan Pelatihan kepada Kelompok nelayan Kendawangan, Siswa-  siswi SMKN 1 Jurusan Perikanan, Pokdarwis dan masyarakat umum serta Personil Lanal Ketapang terkait budi daya ikan lele selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 26 - 28 September 2022 di Kolam Ketahanan Pangan Mako Lanal Ketapang. 

Kegiatan dibuka oleh Danlanal Ketapang yang diwakili Pjs. Palaksa Lanal Ketapang Kapten Laut (P) Putra Yudha U.S. S.T.Han . 

Dalam kegiatan penyuluhan Lanal Ketapang bekerjasama dengan Tim Penyuluh Perikanan BP3 dan Pendamping BLU LPMUKP Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan memberi materi antara lain budi daya ikan lele dengan menggunakan kolam dan ember. 

Tim Bintahwilmar Spotmar Mabesal Letkol Mar Augustinus Purba menyampaikan salah satu tujuan dari penyuluhan budi daya ikan lele kepada masyarakat adalah sebagai salah satu alternatif untuk menjaga ketersediaan bahan makanan khususnya ikan. Hal ini dikaitkan dengan apabila kondisi cuaca yang tidak bersahabat, masyarakat nelayan masih tetap dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Apabila budi daya ikan lele ini dapat berkembang dapat membantu menambah perekonomian keluarga. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang sangat antusias untuk ikut dan hadir dalam penyuluhan budi daya ikan lele yang diselenggarakan oleh Lanal Ketapang, saya berharap dengan adanya penyuluhan ini masyarakat dapat merasakan manfaat dan faham bagaimana caranya membudidayakan ikan lele dengan baik dan memperoleh hasil ternak yang maksimal," ucap Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr. Opsla

Kegiatan ini sesuai dengan arahan Pimpinan TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono yaitu " Jaga Kepercayaan masyarakat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara " pungkasnya. 

Rahmat Pitoyo sebagai petugas penyuluhan menyatakan “ Tentunya dan sangat diharapkan, pembinaan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan berkesinambungan dan menunjukkan inilah wujud sinergi yang sangat baik antara TNI AL dengan masyarakat". 

Penyuluhan dan Penebaran Benih Ikan Lele ini juga mendapat Apresiasi dari masyarakat nelayan sekitar Kecamatan Kendawangan, salah satunya Bpk. Darman " Sektor Perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Ketapang khususnya di Kecamatan Kendawangan ini. Hal ini merupakan sebuah tantangan dan peluang bagi usaha budidaya ikan air tawar " ucap Darman. 

"Khususnya ikan lele diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan ikan  dan tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dengan adanya warung-warung makan maupun restoran yang menyajikan menu masakan ikan terutama lele. Menu ikan lele ini semakin banyak diminati oleh masyarakat, karena selain rasanya yang enak, bergizi tinggi, juga harganya yang terjangkau" tutup Darman. 

Kegiatan pada hari ketiga ditutup dengan pelepasan tanda peserta dan penebaran benih ikan lele di kolam hasil kreatifitas prajurit Lanal Ketapang yang awalnya adalah lahan kosong namun dapat dimanfaatkan menjadi lahan yang bernilai ekonomis serta dalam upaya menjaga ketahanan pangan. 


Share:
Komentar

Berita Terkini