Program SANIMAS SPALD-S Sasar Warga Miskin Bantu Turunkan Angka Stunting Di Pontianak

Editor: Redaksi author photo
Program SANIMAS SPALD-S Sasar Warga Miskin Di Kota Pontianak
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar bertemu masyarakat penerima SANIMAS SPALD-S di Kecamatan Pontianak Utara tepatnya di Kelurahan Siantan Hulu sekaligus menyerap aspirasi masyarakat, pada hari Senin (20 September 2022).

Pada pertemuan bersama masyarakat tersebut, masyarakat penerima SANIMAS SPALD-S di Kecamatan Pontianak Utara tepatnya di Kelurahan Siantan Hulu berterima kasih kepada kepada Anggota DPR RI Boyman Harun yang telah memperjuangkan program bedah WC tersebut di pusat.

Zulfydar mengatakan program ini sebagai upaya menurunkan angka stunting, terutama di Kota Pontianak agar masyarakat bisa hidup bersih dan layak.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting. Maka melalui sanitasi diharapkan kehidupan masyarakat bisa lebih sehat, Maka kita terus gencar dilakukan sosialisasi  terkait pentingnya sanitasi untuk kesehatan terkhusus untuk menurunkan angka stunting," terang Zulfydar.

Ia menyebutkan, pada tahun 2022 ini sebanyak 198 rumah warga yang mendapat bantuan bedah WC tersebut yang tersebar di enam Kelurahan. Untuk di Kecamatan Pontianak Utara terdapat 32 warga yang mendapat bantuan bedah WC tersebut.

"Warga yang mendapat bantuan bedah WC ini adalah warga kurang mampu, WC nya sederhana, bahkan ada yang tidak punya WC, Sehingga kedepannya diperlukan kolaborasi dengan semua pihak untuk menurunkan angka stunting ini. Melalui program-program yang dikucurkan untuk masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu salah seorang masyarakat penerima bantuan, Sulaiman dan Abdul Hadi yang merupakan warga Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak mengatakan dirinya sangat terbantu dengan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) yang menyasar bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kehadiran program yang dikucurkan itu dapat membantu warga yang kurang mampu.

"Dengan adanya bantuan bedah WC ini, kita merasa sangat terbantu. Terkusus bagi warga yang awalnya menggunakan WC sederhana, bahkan penerima bantuan ini ada yang tidak punya WC. Maka dengan adanya program ini bisa memperbaiki sanitasi kita, Diharapkan bantuan tersebut bisa berkelanjutan," pungkasnya.(BP/tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini