Bupati Erlina: Robo-Robo Tradisi Budaya Tahunan Napak Tilas Kedatangan Pertama Opu Daeng Manambon

Editor: Redaksi author photo
Bupati Mempawah, Hj Erlina Hadiri Puncak Perayaan Tradisi Robo-robo
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Robo-robo adalah tradisi budaya tahunan sebagai sarana napak tilas atas kedatangan pertama kalinya Opu Daeng Manambon ke Mempawah, Hal tersebut disampaikan Bupati Mempawah, Hj Erlina pada saat hadiri Puncak Peringatan Robo-robo di Pelabuhan Kuala Mempawah Kabupaten Mempawah pada hari Rabu (21 September 2022).

Konon riwayatnya Sejak tiba di Bumi Galaherang (Kota Mempawah), Opu Daeng Manambon kemudian ditetapkan menjadi Raja dan resmi memimpin Mempawah dan itu kemudian menjadi tradisi tahunan Masyarakat di Kabupatebn Mempawah dan  juga diperingati masyarakat Kecamatan Segedong serta sekitarnya.

Penetapan hari Robo-robo itu sendiri telah berlangsung turun temurun, yakni hari Rabu terakhir bulan Safar dalam kalender Islam.

Bupati Mempawah, Hj Erlina menyebutkan Tradisi Robo-robo telah menjadi salah satu warisan budaya Tak benda Indonesia yang di tetapkan pada tanggal 27 oktober 2016 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan sejak saat itu masuk dalam kalender wisata nasional dan menjadi agenda wisata budaya setiap tahunnya.

Puncak Peringatan Robo’-robo’ berlangsung hari ini di Pelabuhan Kuala Mempawah, dimulai dari Kantor Camat Segedong, lanjut ke Desa Peniti Dalam I, Desa Sui Burung, Desa Peniti Dalam II, dan diakhiri di Desa Peniti Besar.

Bupati Mempawah, Hj Erlina mengajak melalui momentum peringatan Tradisi Robo-robo ini masyarakat kecamatan Segedong KHUSUN YA DAN Kabupaten Mempawah umumnya untuk selalu menjaga kondusifitas karena, katanya selama dua tahun tidak digelarnya kegiatan ini akibat pandemi COVID-19.

“Karena pandemi COVID-19 sudah menurun, maka diperbolehkan mengadakan kegiatan hiburan. Insya Allah, saya pribadi akan berpartisipasi untuk kegiatan meramaikan acara Robo-robo di Kecamatan Segedong ini, yaitu untuk kegiatan tari jepin,” tutupnya.

Turut hadir Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Kadis Dikporapar Elzuratnam, Kadis Sosial PPPAPM-Pemdes Burhan, Kadis Dukcapil Malik, Camat Segedong, Forkopimcam, Kepala Cabang Bank Kalbar Mempawah, para Kepala Desa dan pendamping desa, serta tokoh agama dan masyarakat. (tim liputan) .

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini