B2W Pontianak Ingatkan Kembali Komitmen Keberlangsungan CFD Di Kota Pontianak

Editor: Redaksi author photo
B2W Pontianak Ingatkan Kembali Komitmen Keberlangsungan CFD Di Kota Pontianak
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Setiap tanggal 22 September warga dunia dibawah naungan PBB merayakan kampanye Car Free Day (CFD). 

CFD adalah sebuah Komitment dari semangat untuk mengorbankan jalan raya hanya sehari, hanya beberapa jam saja dalam seminggu, agar kita bisa mengukur penurunan polusi akibat gas buang kendaraan dalam beberapa jam selama CFD berlangsung. Dan ini  dibandingkan pada hari-hari kerja biasanya.

Dari tahun 2010 tepatnya 7 Februari 2010 Pemerintah Kota Pontianak mendeklarasikan keberadaan CFD bersamaan deklarasi Gerakan Bike to Work (B2W) Pontianak saat itu dipilih Jl Ahmad Yani mulai dari simpang jalan MT Haryono hinggga simpang Jalan Ismail Marzuki (MAN 2) Pontianak. 

Berjalannya waktu sekitar media 2015, melihat CFD semakin ramai dan diminati warga kota, B2W melayangkan surat permohonan penambahan waktu dan area CFD, itu setujui Pemerintah Kota Pontianak, CFD diperluas mulai dari simpang Jalan Perdana hingga simpang Jalan Ismail Marzuki. 

Pada masa Pandemi Covid 19, warga Kota Pontianak memaklumi CFD ditiadakan akan tapi ketika adanya keleluasaan kembali, semua kota di Indonesia mengadakan kembali CFD dengan area yang sama. Selayaknya  juga Kota Pontianak mengadakan kembali di area yang sama. Tidak memindahkan ke area lain atau malah memangkas kawasan CFD lebih pendek.

B2W Pontianak bersama Pemkot Pontianak yang menginisiasi CFD perlu mengingatkan kembali komitment bersama tentang keberlangsungan CFD ini.

CFD cukup lama kita jaga keberlangsungannya dengan berbagai dinamika suka duka hingga kemudian CFD menjadi event mandiri mingguan yang ditunggu warga, keluarga, komunitas, instansi pemerintah dan swasta sebagai sarana olah raga, refreshing, menunjukkan eksistensi diri, promosi dan sosialisasi tak berbayar,  Bahkan lebih dari itu CFD menjadi kawasan silaturahmi. 

Sekali lagi B2W Pontianak mengingatkan komitment bersama tersebut dengan harapan CFD dapat terus berlangsung, tidak dikurangi. Bahkan seharusnya diadvokasi, diperkuat dengan legalitas dan kebijakan. 

Indonesia yang saat ini sebagai Presidensi G20,isu Perubahan Iklim yang semakin masif digulirkan,jangan dicederai dengan hilang atau dipangkas menjadi kerdilnya CFD Pontianak. (Rudi).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini