Peserta Lomba Sape’ Berhasil Memukau Penonton Pada Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2022

Editor: Redaksi author photo
Peserta Lomba Sape’ Pada Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2022
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Sebanyak 16 orang mengikuti memainkan sape’ pada pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Ke IX Tahun 2022 dan berhasilmemukau ratusan penonton yang memenuhi arena Gawai di Betang Jerora Satu pada hari Sabtu (30 Juli 2022).

Hal tersebut disampaikan koordinator Seksi Lomba Sape’ Florensius Deo, Ia menjelaskan permainan musik sape’ oleh peserta berhasil memukau penonton yang hadir di acara Gawai Dayak ini, Deo juga menjelaskan bahwa selama satu minggu pendaftaran lomba sape’ dibuka oleh pihaknya dan ada 16 orang yang mendaftar.

“Ini pesertanya perorangan yang mewakili Organisasi, DAD, Sanggar, Kampus atau Sekolah. Peserta wajib membawa sape’ namun kami menyiapkan satu sape’ untuk antisipasi terjadinya kasus sape’ peserta mengalami kerusakan atau gangguan teknis lainya,” beber Florensius Deo

Florensius Deo menjelaskan Panitia menyiapkan satu lagu wajib yang akan dimainkan oleh peserta lomba adalah Datun Julud. Sedangkan untuk lagu pilihan ada lima yakni Borneo Happiness karya Baby Borneo, Miah Reho karya Je Sape ft John Berepot, Asa karya Feri Irawan, Wonderfull Borneo karya Thambunesia dan lagu Abut Ku Nang Edo karya Sadely Barage.

“Semua peserta wajib memainkan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Saat lomba, peserta wajib menggunakan pakaian adat Dayak. Lagu pilihan atau lagu wajib maksimal durasi 2 menit dimainkan tradisi tanpa Minus One atau Backingtrack,” terang  Florensius Deo.

Florensius Deo menjelaskan juga bahwa dari 16 peserta, untuk lagi pilihan, ada dua lagu yang paling banyak dipilih oleh para peserta yakni Borneo Happiness karya Baby Borneo dan Wonderfull Borneo karya Thambunesia.

“Suasana lomba tampak ramai dengan penonton. Sekali-kali, jika peserta tampil baik, terjadi riuh tepuk tangan penonton sebagai bentuk apresiasi kepada peserta tersebut,” pungkas Florensius Deo. (tim liputan).

Editor  : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini