Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Akan Gelar Saprahan Khatulistiwa 2022, Ini Rangkaian Acaranya

Editor: Redaksi author photo
KPwBI Kalimantan Barat Akan Gelar Saprahan Khatulistiwa 2022 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Untuk terus menjaga dan mengakselerasi momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat yang tengah berlangsung, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (KPwBI Kalimantan Barat) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Kalimantan Barat serta stakeholders terkait kembali menyelenggarakan Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Kalimantan Barat.

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (KPwBI Kalimantan Barat) berencana melaksanakan Saprahan Khatulistiwa 2022 dengan mengusung tema “Sinergi untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi, UMKM dan Pariwisata Kalimantan Barat 2022”.

Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Kalimantan Barat.akan dipusatkan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat pada 4-7 Juli 2022 dengan turut mengundang Kepala Daerah di wilayah Kalimantan Barat, instansi dan dinas terkait, serta stakeholders lainnya.

Perkembangan Perekonomian Kalimantan Barat 2022 Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional, perekonomian Kalimantan Barat yang selama 2 (dua) tahun terakhir terdampak pandemi Covid-19 terus menunjukkan pemulihan.

Pada triwulan I–2022, perekonomian Kalimantan Barat tercatat tumbuh sebesar 4,05% (yoy) yang didukung dengan program percepatan vaksinasi, penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak serta berbagai program pemulihan ekonomi dari pemerintah maupun berbagai pemangku kebijakan baik di tingkat pusat.

Lebih lanjut, dilihat dari sisi Lapangan Usaha, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat pada Triwulan I–2022 ditopang oleh pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian (tumbuh 41,23 persen yoy), jasa perusahaan (14,01 persen yoy) serta penyediaan akomodasi dan makan minum (10,70 persen yoy).

Konsep kegiatan dilaksanakan secara hybrid yang terdiri dari rangkaian utama kegiatan yakni: a. Pre Event: Rangkaian Pre Event telah dimulai sejak awal Mei 2022 yang terdiri dari kegiatan capacity building kepada UMKM, yaitu:

1) Edukasi dan Program Pendampingan Keamanan Produk Pangan UMKM Dilaksanakan pada 25 Mei 2022 bekerjasama dengan BPOM Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak serta diikuti sebanyak 128 Peserta UMKM yang merupakan binaan dari Bank Indonesia, kementrian/lembaga, Pemerintah Daerah dan Perbankan.

2) Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Kalimantan Barat Edukasi dan pendampingan proses sertifikasi halal bagi UMKM Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kementerian Agama dan MUI dilaksanakan pada 30 Mei – 2 Juni 2022 dengan peserta sebanyak 19 UMKM yang saat ini dalam telah memasuki proses onsite sebagai tahapan sertifikasi halal oleh MUI Kalimantan Barat.

3) Kurasi Produk dan Onboarding UMKM Kalimantan Barat 2022 Proses kurasi produk UMKM Kalimantan Barat dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Kalimantan Barat Ibu Hj. Lismaryani Sutarmidji dan Ibu Nanny Hadi Tjahyanto (Founder Ladara Indonesia) pada 17-18 Juni 2022 sebagai upaya untuk menghubungkan UMKM pada platform digital d.r digitalisasi UMKM dan memperluas akses pasar UMKM.

Kurasi diikuti 62 peserta dari UMKM sektor food, fashion dan kerajinan. UMKM lolos kurasi akan diterbitkan dalam bentuk buku ekslusif dan akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Barat pada puncak opening ceremony Saprahan Khatulistiwa 2022. 4) Digitalisasi Pasar Tradisional Melalui Program SIAP QRIS Program S.I.A.P (Sehat, Inovatif, Aman Pakai) QRIS, per Juli 2022 implementasi QRIS pada pasar tradisional telah diimplementasikan pada 19 (sembilan belas) pasar tradisional yang ada di wilayah Kalimantan Barat dan akan diresmikan pada rangkaian Opening Ceremony Saprahan Khatulistiwa Tahun 2022.

Wilayah Pontianak : Pasar Flamboyan, Mawar, Teratai, Dahlia dan Kemuning Wilayah Singkawang : Pasar Beringin dan Pasar Alianyang. 5) Gowes Forkopimda Road to Saprahan Khatulistiwa Kegiatan Gowes Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat bersama anggota Forkopimda Kalbar telah dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022 sebagai komunikasi awal penyelenggaraan Saprahan Khatulistiwa tahun 2022. Gowes Road to Saprahan Khatulistiwa bertema Gowes QRIS dan CBP untuk mendorong perluasan akseptansi QRIS dan meningkatkan awareness Cinta, Bangga, Paham Rupiah khususnya di kalangan Forkopimda Kalbar.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Experience QRIS bagi para undangan untuk pembelian produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia Kalbar. b. Maint Event Rangkaian kegiatan terdiri dari:

1) High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se Kalimantan Barat. Mengundang seluruh Bupati/Walikota se Kalimantan Barat untuk membahas mengenai akselerasi digitalisasi di wilayah Kalimantan Barat.

2) Opening Ceremony Saprahan Khatulistiwa 2022 Direncanakan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak H. Sutarmidji dan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia serta mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri Koperasi UKM Republik Indonesia ;

Rangkaian kegiatan lainnya a.l webinar pengembangan desa wisata dan industri kreatif, kegiatan onboarding UMKM, penyerahan PSBI, serta business matching pembiayaan UMKM.

3) Showcase produk UMKM Kalimantan Barat 2022 diselenggarakan di pendopo Gubernur Kalimantan Barat 4-7 Juli 2022 dan Ayani Mega Mall pada tanggal 15-28 Juli 2022.

Showcase ini merupakan upaya untuk meningkatkan transaksi UMKM, pencapaian target pengguna dan merchant QRIS melalui kerjasama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Kalimantan Barat, serta edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah bekerjasama dengan Dekranasda Kalimantan Barat. c.

Post Event Webinar nasional pengembangan ekonomi Kalimantan Barat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang selaras dengan program pemerintah dan tema Presidensi G20 Indonesia.

Seluruh penyelenggaraan rangkaian Saprahan Khatulistiwa 2022 dilaksanakan selain untuk mengakselerasi momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat juga merupakan dukungan untuk penyelenggaraan event BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) yang dilaksanakan di Kalimantan Barat bulan November 2022.

KPw BI Kalimantan Barat bersama Pemerintah Daerah bersinergi dan berkomitmen untuk menjadikan Saprahan Khatulistiwa sebagai event yang diselenggarakan setiap tahun untuk mendukung pengembangan sektor UMKM, Pariwisata dan Keuangan Kalimantan Barat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. (BP).

Editor : Heri 

Share:
Komentar

Berita Terkini