Rilis Survey Nasional 5 Capres Pilihan Publik 2024, Publik Membutuhkan Figur Capres Pemulih Ekonomi

Editor: Redaksi author photo
Rilis Survey Nasional 5 Capres Pilihan Publik 2024
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Lembaga Strategi Kampanye Politik, Point Indonesia merilis hasil survey nasional bertajuk “5  Capres  Pilihan  Publik  2024”  pada  Minggu  sore  (10/04)  di  sebuah  restoranbilangan Jakarta Pusat.

Dalam survey yang dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 22 Maret 2022 ini,  Point  Indonesia menggunakan  metode  Multistage  Random  Sampling  dengan  sebaran sampel secara proporsional di 34 Provinsi. Jumlah sampling ialah sebanyak 1.916 responden dengan margin of error +- 2,24 persen.

Dalam  survey  nasional  ini,  Point  Indonesia  berhasil  mengklasifikasikan  sejumlah  temuan utama antara lain, Prabowo Subianto masih menjadi kandidat Presiden Republik Indonesia yang paling populer dengan persentase 28 persen. Calon Presiden lainnya yang juga masuk dalam ranking 5 besar ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 24,1 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 21,7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 10,3 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,2 persen.

Tidak hanya popularitas Calon Presiden yang menarik untuk dikaji dalam survey nasional ini namun sejumlah isu lain yang menjadi perhatian publik dalam agenda lima tahunan, Pemilu Presiden ini diantaranya Lapangan Kerja dan Pengangguran, Kenaikan Harga Kebutuhan  Pokok, serta  Pertumbuhan  Ekonomi.   

Sudah  bukan  rahasia  bahwa  fokus pertumbuhan  ekonomi  menjadi  isu  sentral  dan berkaitan  dengan  pemulihan  ekonomi pascapandemi  COVID-19.  Selain  itu,  publik  memiliki  kata  kunci  khusus  dalam  melihat permasalahan ekonomi hari ini mulai dari lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga kebutuhan pokok dalam hal ini harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, hingga rencana kenaikan harga pertalite juga gas LPG 3 kg.

Untuk  itu  dalam  survey  yang  dirilis  oleh  Point  Indonesia  tergambar  bahwa  publik menginginkan pemimpin yang memiliki perhatian pada ketiga isu di atas.  Dari hasil survey, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno muncul sebagai tokoh yang dinilai mampu untuk menjawab tantangan itu. 

“Merujuk pada hasil Survey Nasional 5 Capres Pilihan Publik, Sandiaga Uno masih menjadi tokoh yang  berkomitmen  penuh  pada  pemulihan  ekonomi,  salah  satunya  memanfaatkan kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pemulihan ekonomi nasional” ujar DR. Usmar, SE, MM, Peneliti Senior Point Indonesia yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Dr.  Usmar,  SE,  MM  menambahkan  salah  satu  poin  kuat  Sandiaga  Uno  ialah  karena pengalaman beliau sebagai pengusaha, juga menjalin kerja sama.  

“Sandiaga  Uno  memiliki positioning lebih dalam isu-isu ekonomi karna perannya dalam menciptakan kebijakan yang pro-entreprenership,  hingga  membuka  lapangan  pekerjaan” pungkas  Dr.  Usmar  SE,  MM Peneliti Senior Point Indonesia.

POINT Indonesia Didirikan pada tahun 2011 dan bergerak pada sektor KampanyePemenangan Pilkada Riset Kuantitatif-Kualitatif dan Pendampingan Krisis Komunikasi. Saat pertama kali didirikan, Point Indonesia telah memenangi beberapa Pilkada, diantaranya Porvinsi Kalbar (2012) dan Kab. Cilacap (2012).

Berbagai riset juga pernah dilakukan terkait Survei Pilpres-Pilkada, dan riset utk pemetaan komunikasi publik. Saat ini POINT Indonesia dipimpin oleh Karel  Susetyo,  MA  sebagai  CEO, beralamat  di Metro  Kencana  V-  Pondok  Indah, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan ini, pemaparan hasil Survei Nasional dilakukan oleh peneliti Senior POINT Indonesia Dr Usmar, SE, MM. Doktor bidang Ekonomi Lulusan Universitas Hasanudin ini sekarang menjabat sebagai Dekan FEB Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama). (rls/tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini