Tarik Minat Warga, Panitia Vaksinasi Siapkan 300 Mangkuk Bakso

Editor: Redaksi author photo
Tarik Minat Warga, Panitia Vaksinasi Siapkan 300 Mangkuk Bakso
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Berbagai cara terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mengejar target 70 persen capaian vaksinasi. Di antaranya dengan menyiapkan berbagai hadiah di setiap pelaksanaan vaksinasi dengan melibatkan puskesmas dan pemerintah desa.

Strategi ini terbilang ampuh untuk mengundang masyarakat agar mau divaksin. Kondisi tersebut juga terlihat pada pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Warung Bakso Jalan Pramuka RT 001/RW 007 Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, pada Minggu (23/1). Di mana ratusan masyarakat terlihat mulai memadati tempat pelaksanaan vaksin sejak pukul 08.00 pagi.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di sela kunjungannya mengatakan vaksinasi ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Langkah tersebut, menurut dia, merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mengejar 70 persen target capaian vaksinasi. 

“Sungai Rengas ini termasuk desa yang sangat besar jumlah penduduk dan capaian vaksinasinya. Untuk itu diharapkan warga yang hari ini divaksin agar bisa menyampaikan kegiatan vaksinasi ini kepada keluarganya masing-masing agar mau divaksin,” kata bupati yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Marijan dan Ketua TP PKK Rosalina Muda.

Muda Mahendrawan mengucapkan terima kasih kepada warga Sungai Rengas yang sejak pagi telah mendaftar untuk divaksin. Menurutnya kondisi tersebut akan memberikan dampak kepada warga yang laiinnya agar juga mau divaksin.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita juga memberikan sembako kepada warga yang divaksin dan kenang-kenangan. Untuk anak-anak usia 11-16 tahun juga akan terus kita lakukan vaksinasi, sehingga aktivitas belajar mengajar bisa terus tetap berjalan di Desa Sungai Rengas ini,” ujarnya.

Muda berharap semua RT juga bisa secepatnya melakukan pendataan sehingga pemerintah bisa mengetahui warga mana yang sudah dan belum divaksin.

“Terima kasih kepada semua panitia, terutama para vaksinator baik dokter, bidan, dan perawat di Puskesmas Sungai Rengas serta para RT, kepala desa pemadam kebakaran, dan karang taruna yang ‘kepong bakol’ mengajak warganya mau divaksin,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan terus memprogramkan vaksinasi ini. Terlebih di Desa Sungai Rengas telah dibangun puskesmas baru yang akan menjadi puskesmas kebanggaan masyarakat Kecamatan Sungai Kakap.

“Insya Allah, pelayanan di puskesmas yang baru ini nantinya akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Karena kita akan membuat masyarakat lebih banyak sehatnya daripada sakitnya. Tentunya kita membuat ini dengan komitmen supaya kita membuat masyarakat dari Desa Sungai Rengas, Sungai Kupah, Jeruju Besar, dan Sungai Itik serta desa-desa lainnya di Kecamatan Sungai Kakap ini agar bisa terjaga kesehatannya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, satu di antara tokoh masyarakat Sungai Rengas, Hermili Jamani, mengatakan Pemerintah Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap dan puskesmas setempat ‘kepong bakol’ menyukseskan vaksinasi guna membantu pemerintah daerah mengejar 70 persen capaian vaksinasi.

“Tentunya kami masyarakat Desa Sungai Rengas akan terus mendukung program pemerintah daerah dalam mengejar capaian vaksinasi. Kami berterima kasih kepada bapak Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua TP PKK Ibu Rosalina yang menyempatkan hadir di lokasi vaksinasi ini, meski di tengah kesibukan agendanya setiap hari,” katanya.

Hermili menuturkan pihaknya bersama Pemerintah Desa Sungai Rengas dan Puskesmas terus menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Yang mana salah satunya melalui penyiapan lebih dari 300 mangkok bakso untuk masyarakat yang sudah divaksin.

“Alhamdulillah, sampai pukul 13.00 siang tadi sudah ada 300 lebih warga yang terdaftar divaksin. Selain menyiapkan lebih dari 300 mangkok bakso, Pemdes Sungai Rengas juga menyiapkan berbagai sembako kepada masyarakat dan doorprize sejumlah perabot rumah tangga dan dua unit sepeda gunung kepada warga yang beruntung yang diundi pukul 17.00 sore,“ terangnya.

Hermili menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi ini, Pemdes dan Puskesmas Sungai Rengas juga melibatkan pihak pemadam kebakaran, karang taruna, majelis taklim, dan pegiat sosial lainnya.

"Selain hari ini, pada hari Selasa (25/1) nanti Pemdes Persiapan Rengas Kapuas dan Puskesmas Sungai Rengas bersama Polda Kalbar juga akan kembali menggelar vaksinasi dengan menyiapkan doorprize  perabotan rumah tangga dan sembako," tutupnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini