Peduli Lingkungannya Babinsa Limbung Hadiri Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Editor: Redaksi author photo
Babinsa Limbung Hadiri Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Babinsa Desa Limbung Koramil 05/Sungai Raya Sertu Sardi menghadiri kegiatan pelatihan tata kelola lingkungan bersih dan sehat, serta pengolahan sampah berskala rumah tangga di Aula Kantor Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya,  Kalimantan Barat,  Rabu (13/10/2021)

Sampah merupakan konsekuensi dari adanya kegiatan manusia yang begitu beragam. Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah yang jumlah dan volumenya berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang digunakan sehari-hari, serta jenis sampah juga sangat tergantung dari material yang dikonsumsi.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala seksi pengedalian kebersihan dan pemukiman, Gunawan Winardi, Kepala bidang pemakaman dan kebersihan, Sutarmansyah, Kades Desa Limbung Wiyono, Babinsa Desa Limbung Sertu Sardi, Bahbinkamtibmas Bripka Tody.S, Ketua BUMDES desa Limbung Syafarudi, Perwakilan Anggota Karang Taruna desa Limbung, Perwakilan Ibu-ibu PKK desa Limbung Serta Para Ketua RW, RT dan Kadus Desa Limbung.

Kegiatan tersebut Bertujuan untuk mensosialisasikan serta pelatihan cara pengolahan sampah rumah tangga, yang mana bila masyarakat bisa mengolah sampah dengan cara memilah sampah rumah tangga mana yang bisa dijual dan tidak, sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat  sekitar demi kesejahteraan masyarakat.

Babinsa Desa Limbung Sertu Sardi mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah sebagai upaya kepedulian lingkungan dan memanfaatkan limbah yang masih bisa dimanfaatkan.

“Dalam menanggulangi sampah ini merupakan tanggung jawab bersama, dilakukan dengan cara pengelolaan sampah yang sebaik mungkin agar tercipta lingkungan yang sehat," ucapnya.

Lanjut lagi, Sikap dan tindakan yang ramah serta berpihak pada lingkungan hidup merupakan perwujudan dari kesadaran yang telah terbentuk melalui pemahaman dan penghayatan yang baik terhadap fungsi lingkungan.

“Untuk pendayagunaan halaman rumah saat ini dengan teknologi penanaman dengan cara Hidroponik atau dengan penanaman Vertikultur,” ujarnya.

Sertu Sardi Menambahkan, Melalui kegiatan Sosialisasi serta pelatihan pengolahan Sampah rumah tangga, seluruh masyarakat menjadi tahu dan mampu memilah serta mengolah sampah sehingga dapat bernilai ekonomis.(de).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini