Layanan Internet IndiHome Dan Telkomsel Down Bukan Hanya Di Kalbar, Ini Penyebabnya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Pelanggan layanan internet dari IndiHome dan Telkomsel keluhkan jaringan yang down sehingga pengguna layanan IndiHome dan Telkomsel menjerit, hal ini terjadi sejak Minggu (19/09/2021) petang.

Berdasarkan laporan situs pemantau Down Detector, laporan internet IndiHome dan Telkomsel down mulai meningkat sejak 17.25 WIB sedangkan laporan gangguan memuncak pada 19.00 WIB dan mulai menurun per 20.00 WIB.

Down Detector mencatat bahwa pengguna IndiHome dan Telkomsel di Pontianak dan dan hampir diseluruh wilayah Kalimantan Barat banyak melaporkan gangguan internet ini.

Sebagian besar pengguna mengeluh bahwa internet mereka mengalami penurunan kualitas, baik IndiHome dan Telkomsel pun masuk ke dalam trending topic Twitter dengan jumlah mention kicauan masing-masing 19,5 ribu dan 8,3 ribu tweet per 20.10 WIB.

Berikut pernyataan resmi dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin:

Sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dapat kami sampaikan bahwa:

1. Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.

2. Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel.

“Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala, Pihak Telkom meminta maaf,” ujar Denny Abidin.

Menurut keterangan Telkom, perusahaan induk dari IndiHome dan Telkomsel, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak hari ini (19/09/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Dampaknya, layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband mengalami penurunan kualitas di beberapa wilayah Indonesia.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini, Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan. – SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom,” terang Ahmad Reza Mewakili manajemen Telkom.

Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya.” (tim liputanj).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini