Bank Kalbar Dukung Pengembangan Geowisata Temajuk Di Kabupaten Sambas

Editor: Redaksi author photo
Komisaris Utama Bank Kalbar Irjen Pol (P) Didi Haryono berfoto bersama Tim Percepatan Geowisata IAGI Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Upaya mendukung program unggulan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia  (IAGI) Kalimantan Barat  dengan motto Satu Pengda Satu Geowisata, mendapat dukungan dari berbagai unsur, diantara Bank Kalbar. Pada Kunjungan di Bank Kalbar ini, Tim Percepatan Geowisata Temajuk dan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia  (IAGI) Kalimantan Barat  diterima Komisaris Utama Bank Kalbar Irjen Pol (P) Didi Haryono.

Ketua Tim Percepatan Geowisata Temajuk, Agung Weli Saputra, mengucapkan terima kasih kepada Komisaris Bank Kalbar yang mendukung usulan Pengembangan Geowisata Temajuk dengan konsep kolaborasi Pentahelix tersebut telah memberikan dukungan penuh secara nyata dengan telah memberikan  statemen atau testimoni yang nantinya dapat digunakan sebagai bentuk dukungan penuh dari Bank Kalbar dalam mengikuti seleksi Geowisata yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2021.

Agung Weli Saputra, juga mengatakan terhadap usulan Pengembangan Geowisata Temajuk ini oleh Pengurus Pusat IAGI – MAGI dengan didukung  oleh Kementerian PUPR akan dievaluasi dan diseleksi secara Nasional dengan diikuti oleh Pengda - Pengda IAGI seluruh Indonesia.

"Dari hasil evaluasi dan seleksi tersebut akan dipilih 5 lokasi pengembangan Geowisata  terbaik yang telah diusulkan oleh Pengda IAGI dan nantinya akan diberikan dukungan pembangunan infrastruktur jalan dan Bangunan Pusat Informasi Geowisata  oleh Menteri PUPR," ujarnya.

Agung Weli Saputra,  mengatakan kekayaan dan keragaman geologi diwilayah Desa Temajuk dan sekitarnya merupakan potensi warisan geologi  di kawasan perbatasan yang mencakup dua wilayah negara,   yaitu Indonesia dan Malaysia / Serawak.

"Dengan kondisi yang dimiliki tersebut  kita berharap memberikan daya tarik untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata alam berbasis kebumian atau yang disebut geowisata dengan dukungan antara lain,  merupakan kawasan Terdepan, Terpencil dan Wilayah Perbatasan yang bersinggungan langsung dengan negara tetangga (Malaysia)," katanya.

Agung menambahkan Geowisata Temajuk Kabupaten Sambas dengan konsep kerjasama Pentahelix didukung para pemangku kepentingan dari  Bank Kalbar, Pemprov Kalbar, Pemkab Sambas , Akademisi, Pelaku Usaha, Praktisi dan Media serta TNI.

"Dukungan ini kita berharap dapat menjadi salah satu program unggulan yang bisa dimunculkan pada kawasan wisata Temajuk dalam rangka mengembangkan potensi  keragaman geologi lokal yang dapat menambah Destinasi Wisata Baru berbasis kebumian di Kabupaten Sambas," harapnya.

Sementara itu Ketua Pengda IAGI Kalbar Hendri Wahyudi, mengatakan dalam mendukung program unggulan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia  (IAGI) Kalimantan Barat  yaitu “Satu Pengda Satu Geowisata”  juga mendapat dukungan dari Bupati Sambas usulan Geowisata Temajuk yang dalam pengelolaannya  berbentuk kerjasama konsep Pentahelix .

"Geowisata Temajuk di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas dengan konsep kerjasama Pentahelix, didukung oleh para pemangku kepentingan dari unsur Pemerintah, baik Provinsi dan Kabupaten, Bank Kalbar, Akademisi, Pelaku Usaha, Praktisi , Media dan TNI," ucapnya.

Hendri Wahyudi mengatakan terhadap usulan Pengembangan Geowisata oleh Pengda – Pengda IAGI seluruh Indonesia ini, akan dievaluasi dan diseleksi secara Nasional oleh Pengurus Pusat IAGI – MAGI dengan didukung  Kementerian PUPR.

"Dari hasil evaluasi dan seleksi tersebut akan dipilih 5 lokasi usulan Pengembangan Geowisata  terbaik,  dan nantinya akan diberikan dukungan pembangunan infrastruktur jalan dan bangunan Pusat Informasi Geowisata  oleh Menteri PUPR," harapnya.

Hendri Wahyudi menambahkan tim percepatan Geowisata IAGI Kalbar  dalam mempersiapkan Kolaborasi Pentahelix tersebut, telah melakukan kunjungan ke para Pemangku kepentingan terdiri dari OPD Provinsi Kalbar, OPD Kabupaten Kalbar, Pelaku Usaha, Bank Indonesia, Bank Kalbar, Pelaku Usaha, Praktisi Wisata serta Pihak TNI antara lain Kodim, Lantamal, XII Pontianak, Lanud Supadio untuk mengambil video statement dalam mendukung Pengembangan Geowisata Temajuk di Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas untuk Kalbar maju dan Inovatif. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini