Unjuk Rasa Karyawan Pabrik PT Giat Usaha Dieng Di Sungai Ambawang Ternyata Ini Sebabnya

Editor: Redaksi author photo
Unjuk Rasa Karyawan Pabrik PT Giat Usaha Dieng 

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Sejumlah buruh pabrik PT Giat Usaha Dieng (GUD) yang terletak di Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melakukan unjuk rasa menuntut hak mereka, unjuk rasa ini merupakan ungkapan kekecewaan mereka terhadap pihak perusahaan, yang memberhentikan mereka dengan tanpa alasan yang jelas,  Rabu (04/08/2021).

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak ini dilakukan oleh perusahaan PT Giat Usaha Dieng dengan memberhentikan 16 karyawan dengan alasan yang belum jelas, karna merasa keputusan tersebut menyudutkan mereka, maka dengan adanya unjuk rasa yang dilakukan para buruh pabrik guna mempertanyakan maksud dan tujuan pemberhentian sepihak dari perusahaan dimana mereka menggantungkan hidup selama ini.

Usai melakukan unjuk rasa salah satu kordinator yang merupakan karyawan PT Giat Usaha Dieng, Boy menjelaskan jika dirinya dan pekerja lainnya melakukan unjuk rasa ini adalah salah satu bentuk penolakan PHK sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.

"Kami hanya meminta kejelasan dari HRD-nya langsung , kenapa kami di PHK, apa alasan mereka, dan kami juga meminta hak-hak kami yang mana semestinya kami dapatkan," tegasnya.

Boy juga meminta kepada pihak perusahaan untuk mengembalikan selisih gaji mereka yang selama ini memang belum dibayarkan.

"Untuk hal itu kami sudah menghitung total semuanya," jelas Boy.

Selain karyawan yang diberhentikan, ada juga karyawan yang masih aktif juga ikut melakukan unjuk rasa ini, hal itu bertujuan untuk solidaritas mereka sesama karyawan.

"Jika 16 karyawan ini di PHK , maka karyawan yang masih bekerja itupun juga ingin di PHK karena kemauan mereka sendiri, dan kalaupun yang masih bekerja itu tidak di phk maka kami harus dipekerjakan kembali," tegas Boy dengan sangat lantang.

Untuk itu kami mohon kepada pemerintah terkait untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di lapangan dan juga kami ingin kejelasan dari pihak perusahaan PT Giat Usaha Dieng sendiri.

Sejumlah karyawan menyatakan akan tetap menunggu kepastian pihak management perusahaan PT Giat Usaha Dieng.

"Kami akan tetap disini hingga tuntutan kami dipenuhi," Pungkasnya.(bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini