Babinsa Kalibandung Dampingi Tim Medis Lakukan Tes PCR Warga, Ini Tujuannya

Editor: Redaksi author photo
Babinsa Kalibandung Dampingi Tim Medis Lakukan Tes PCR Warga

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) -  Babinsa Kalibandung, Serda Nurcholis dampingi tim medis dan Bhabinkamtibmas lakuakan Tes PCR warga binaan di Desa Kalibandung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, pelaksanaan tracing contact menjadi hal yang wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

Babinsa Desa Kalibandung Koramil 1207-05/Sungai Raya Kodim 1207/Pontianak Serda Nurcholis menjelaskan dirinya melaksanakan pendampingan Tim medis dari Puskesmas Sungai Asam melaksanakan tracing contact dan tes swab PCR terhadap 12 warga Desa Kalibandung, Kecamatan Sungai Raya,  Kabupaten Kubu Raya. Sabtu, (07/08/2021)

"Ada 12 orang warga yang ditracing dan di Swab itu, yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di desa Kalibandung ini,” jelas Serda Nurcholis

Serda Nurcholis mengatakan selama ini anggota Koramil 1207-05/Sungai Raya selalu mendampingi para Bidan Desa dan Tim dari Puskesmas yang menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya khususnya Kecamatan Sungai Raya, untuk melacak daftar nama warga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Corona (Covid -19).

“Kami selalu membantu dan memberikan pendampingan kepada Bidan Desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen bagi mereka yang kontak erat dengan pasien Covid-19,” ungkapnya

Dengan pendekatan yang humanis dan memberikan pemahaman kepada warga tentang bahaya Covid-19, maka wargapun bersedia untuk mengikuti Swab atau Rapid Antigen.

“Memang tidak sedikit pula warga yang enggan untuk di swab atau di rapid test, ketika ia kontak erat dengan orang yang terpapar corona,” tuturnya

Selanjutnya sambil menunggu hasil swab PCR, warga yang sudah melaksanakan Tes Swab dan Antigen melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan pihak kesehatan yaitu Puskesmas Sungai Asam, dalam hal ini Puskesmas Pembantu (Pustu) dan relawan Covid-19 Desa Kalibandung. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini