PCNU Dan Pemda Kubu Raya Fasilitasi Ribuan Santri Swab Antigen dan Genose Gratis

Editor: Redaksi author photo

Kepala Dinas Kesehatan dan Satgas PCNU Kubu Raya Peduli

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan fasilitasi ribuan Santri-santriwati yang berasal dari Kabupeten Kubu Raya yang akan kembali ke Ondok Pesantren di Pulau Jawa.

Komitmrn tersebut dilakukan semenjak pendemi covid-19 melanda negeri tak terkecuali di Kalimantan Barat dan mengharuskan Santri melaksanakan ketentuan Protokol kesehatan, PCNU dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya akan selalu mendukung santri yang akan kembali melanjutkan pendidikannya ke sejumlah pondok pesantren di luar Kalimantan Barat.

Dukungan itupun dilakukan dengan memberikan fasilitas gratis Rapid Diagnostic Antigen Tes (RDT-ag) dan testing skrinning Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose-C19.

Dalam pelaksanaannya pula, PCNU Kabupaten Kubu Raya mendampingi dan mendata para santri yang akan mengikuti fasilitas tersebut.

Selaku Koordinator, Edy Sahirul mengatakan bahwa mulai dari 17 Mei 2021 yang lalu, berdasarkan data kepulangan Pondok Pesantren di Jawa telah ada tiga ribuan Santri-santriwati asal kabupaten Kubu Raya yang telah berangkat dan kembali ke Ponpesnya.

"Alhamdulillah kepulangan Santri-santriwati asal Kabupaten Kubu Raya telah kembali pulang ke Pondok Pesantren dibeberapa daerah di Jawa, mulai Jawa Timur, Jawa Tengah dan ada beberapa di Pondok Pesantren di Jakarta," ujar Edy Sahirul.

"Dan sampai dengan hari ini ada juga 500 lebih Santri-Santriwati yang sudah di fasilitasi dan didampingi satgas PCNU Kabupaten Kubu Raya," sambungnya.

Fasilitas Rapid Diagnostic Antigen Tes (RDT-ag) dan testing skrinning Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose-C19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya juga telah tertuang berdasarkan SK dari Bupati Kubu Raya tentang Kepulangan Santri-santriwati ke pondok pesantren di Jawa.

"Kepada koordinator santri atau Orang Tua santri dari Kubu Raya juga diimbau untuk berkoordinasi di Sekretariat PCNU Kabupaten Kubu Raya di Jalan Arteri Supadio Samping Masjid Nurul Falah, agar memastikan jadwal kepulangan serta pendampingan oleh satgas PCNU Kubu Raya, sehingga tidak ada lagi santri yang tertinggal pesawat seperti yang terjadi pada rombongan Santri Asal Kota Pontianak beberapa waktu yang lalu," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kab Kubu Raya, KH Abdussalam, S.Ag, M.Si juga menyampaikan ucapan terimaksaih kepada semua pihak yang telah membantu fasilitasi kedatangan serta kepulangan para santri ke Pondok Pesantren di Jawa.

“Saya atas nama Satgas PCNU Kubu Raya Peduli beserta Seluruh Pengurus NU Kab Kubu Raya mengucapkan Terimakasih Kepada Pemda Kubu Raya, Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, Kapolres Kubu Raya, Angkasa Pura II serta pihak Maskapai Penerbangan yang telah bekerjasama melancarkan baik kedatangan maupun kepulangan Santri asal Kab Kubu Raya ini,” pungkas KH Abdussalam. (tim liputan).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini