Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla Di Kubu Raya Akan Segera Dimulai, Ini Penjelasnya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Sebagai upaya pencegahan terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan di wilayahnya, Komandan Rayon Militer 1207-07/Sungai Kakap Kodim 1207/BS Kapten Arm Tri Yuliantoro hadiri rapat sosialisasi umum persiapan patroli terpadu pencegahan karhutla bagi masyarakat berkesadaran hukum (paralegal) di Markas Manggala Agni Rasau Jaya Daops Pontianak Jalan Rasau Jaya Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Selasa (09/03/2021).

Kegiatan tersebut diikuti pasukan gabungan TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Aparat desa serta Tokoh Masyarakat.

Tampak juga Camat Rasau Jaya Sutomo, Danramil 1207-07/Sungai Kakap Kapten Arm Tri Yuliantoro, Kapolsek Rasau Jaya diwakili oleh Iptu Wagiman, Ka Daops Manggala Agni Kalimantan VIII/Pontianak Taufikurahman serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Camat Rasau Jaya Sutomo berharap Sinergitas TNI Polri, Forkopimcam, Manggala Agni dan MPA dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla supaya semua dapat terkendali.

“Sinergisitas semua pihak dalam penanggulangan Karhutla sangat diperlukan, TNI, Polri Forkopimca, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan msayarakat harus bersama-sama dalam upaya penanggulangan Karhutla ini,” ungkap Camat Rasau Jaya.

Camat Rasau Jaya Sutomo, juga berharap yang mengikuti patroli terpadu pencegahan karhutla bersama masyarakat selain melaksanakan patroli juga dapat memberikan edukasi tentang bahaya karhutla dan himbauan larangan membakar hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Saya juga berharap nantinya kita bisa memberikan edukasi tentang bahayanya Karhutla dan juga menyampaikan larangan membakar lahan,” imbuhnya.

Sementara itu Danramil 1207-07/Sungai Kakap Kapten Arm Tri Yuliantoro mengatakan kegiatan ini merupakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi dan e-learnning untuk peningkatan peran serta masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla).

Kapten Arm Tri Yuliantoro berharap melalui pembinaan masyarakat berkesadaran hukum (paralegal) dengan akan dilaksanakannya patrol terpadu pencegahan karhutla Bersama masyarakat mulai hari ini.

 

"Kegiatan ini adalah guna Mengoptimalkan peran serta Masyarakat Peduli Api (MPA) dan merupakan upaya penting dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah-wilayah rawan karhutla," ungkapnya.

Kapten Arm Tri Yuliantoro mengatakan pelibatan MPA dengan konsep pendekatan kesadaran hukum masyarakat dan yang menjadi supervisi sehari-harinya di lapangan adalah Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa bersama-sama dengan tokoh masyarakat dan para pelaku di lapangan untuk membangun orkestra menjaga alam agar tidak terjadi karhutla, khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini