Kades Ini Kesal Undangan Penerima Bantuan Langsung Tunai Warganya Main Titip Di Desa Lain

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Kepala Desa Sungai Raya Dalam, Khairil Anwar menyayangkan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BST) dari Dinas Sosial untuk warganya periode bulan Januari tahun 2021 yang main titip saja ke desa lain.

Khairil Anwar  merasa kesal karena pada saat membagikan undangan untuk Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST ) untuk warga di Sungai Raya Dalam tidak langsung melalui Desa melainkan dititipkan saja.

“Kenapa tidak langsung diantar  ke  Kantor Desa Sungai Raya Dalam,” jelasnya Khairil  kepada kalbarnews.co,id diruang kerjanya berberapa hari  yang lalu.

Lebih lanjut dikatakannya, kalau untuk Penerima Bantuan Langsung Tunai (BST) tersebut ternyata  tidak semua warganya ini bisa mencairkan bantuannya seperti ditahun lalu.

Seperti warga yang sudah meninggal atau tidak berada di tempat pada waktu pencairan kalau ditahun yang lalu ahli waris  bisa mewakilkan untuk pengambilan BST keluarganya  yang penting nama tersebut  ada dalam Kartu Keluarga.

“Semestinya jika terjadi seperti ini dari instansi terkait harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada kami agar kami bisa menjawab apa yang dipertanyakan warga ketika mendatangi kami,” ujar Khairil.

Kepala Desa Sungai Raya Dalam ini mengatakan pihaknya ada melakukan pengecekan kembali bagi warga yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BST) di tahun ini dari spendataan tersebutlah muncul berbagai persoalan terkait pencairan bantuan ini.

“Kami juga mendapat keluhan warga yang ditolak ketika akan mencairkan bantun tersebut di Kantor Pos,” terang Kades.

Banyak lagi permasalahan yang dikeluhkan warga Desa Sungai Raya Dalam yang disampaikan kepada Desa yang kemudian menjadi keributan kecil di kalangan bawah.

“Kami mohon kepada Dinas Sosial Kubu Raya agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik, kami mohonlah tranparasinya kepada kami dan ketika ada informasi seperti ini kami harus mengetahui jangan sampai kami tidak mengetahuinya karena masalah ini sangat penting sekali,” ujar Khairil.

Selain itu Kades Serdam ini juga mempertanyakan masalah Penerimaan Keluarga Sejahtera (PKS) yang sebelumnya penerima PKS di desa Sungai Raya Dalam sebanyak dua ratus orang lebih sekarang hanya tersisa seratus orang lebih saja

“Yang aneh Kartu penerima  PKS hanya dititipkan di Kantor Desa Kapur dan Kantor Desa Kuala Dua sementara  Kartu BST dititipkan di Kantor Desa Sungai Raya,” ujarnya.

Khairil Anwar menjelaskan bahwa Kantor Desa Sungai Raya Dalam tidak jauh antara Kantor Depsos Kubu Raya dengan kantor Desa Sungai Raya Dalam.(ley).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini