-->

BREAKING NEWS

HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Tangkal Masuknya Ormas Radikal Melalui Duta Pemuda, Kemenpora RI Lakukan Ini

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2020 secara virtual yang diikuti oleh 500 orang Duta Pemuda perwakilan dari 34 Provinsi.

Kegiatan tersebut diawali dengan Seminar Kebangsaan, kemudian dilanjutkan dengan Festival Budaya dan Potensi Daerah dengan tema “Bangkit dan Bersatu”yang berlangsung dari tanggal 16 – 21 Desember 2020.

Pada Seminar Kebangsaan, Dr. Karjono Atmoharsono selaku Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengapresiasi kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI), menurutnya, kegiatan JPI ini merupakan wahana menggalang dan menguatkan persatuan dan kesatauan bangsa.

“Di sini kita bisa mengenal budaya antar daerah, bukan untuk perbedaan tapi untuk saling memahami dan menghormati, agar persatuan dan kesatuan bangsa terjalin erat di hati para pemuda Indonesia,” ujarnya.

Karjono sangat mewanti-wanti para pemuda untuk mewaspadai adanya Ormas Radikal yang berpotensi mengganggu Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Karena itu, Karjono mengingatkan kembali Perjanjian Luhur Bangsa Inddonesia. Melalui kegiatan Jambore Pemuda Indonesia, dirinya berpesan pada Duta Pemuda Provinsi se-Indonesia untuk menghayati perjanjian luhur bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pancasila.

“Sumpah Pemuda merupakan ruh dari Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia yang tertuang dalam lima dasar Pancasila untuk menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan bangsa, tidak ada tawar-menawar,” tegasnya.

Di akhir materi, Karjono juga mengingatkan para pemuda untuk menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih menghantui.

“Pemuda harus jadi garda terdepan dalam menghadapi Covid-19, terutama dalam membiasakan masyarakat untuk menjalani pola hidup kebiasaan baru, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan yang menyebabkan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Arifin Majid, selaku Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda berharap agar Duta Pemuda yang terpilih dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia dapat betul-betul menyebarluaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa di daerahnya masing-masing.

“Nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa harus mendarah daging di jiwa Duta Pemuda, agar berbagai upaya yang dapat menggangu NKRI dapat teratasi,” tambahnya.

Untuk diketahui, bahwa kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) merupakan kegiatan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI setiap tahun dengan melibatkan ratusan pemuda-pemudi terbaik dari 34 provinsi.

JPI bertujuan sebagai upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui pendekatan kreativitas muatan lokal dengan menonjolkan nilai-nilai kebudayaan nusantara meningkatkan kepedulian dan partisipasi pemuda dalam pembangunan, dengan harapan dapat meningkatkan nilai-nilai berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air.

Pelaksanaan JPI juga dimaksudkan sebagai bentuk sarana dalam meningkatkan wawasan dan kreativitas pemuda serta memberikan nilai-nilai cinta tanah air melalui kebudayaan dan potensi muatan lokal kedaerahan.

Menurut Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah mengatakan bahwa Kemenpora berharap Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2020 ini, sekalipun diselenggarakan di masa Pandemi Covid-19, dapat menjadi tempat bagi para pemuda dari seluruh tanah air untuk saling berbagi pengalaman dan berdiskusi untuk menjawab kebutuhan bangsa saat ini.

Para pemuda yang mengikuti kegiatan ini, juga diharapkan dapat berbagi pengalaman dan saling menginspirasi satu sama lain dalam menjaga dan merawat persatuan menghadapi Pandemi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"JPI 2020 ini kita harapkan berbeda dengan sebelumnya. Dimana lebih banyak inovasi dan kreativitas. Bisa memunculkan inovasi-inovasi untuk menciptakan suatu yang berkaitan dengan harapan dan kebutuhan bangsa saat ini, sehingga dapat memperkuat NKRI di mata dunia," pungkasnya. (sumber : Humas Kemenpora RI/tim liputan).

Editor : Rul

Komentar Anda

Berita Terkini