IPI Kalbar Gandeng Ponpes Jawa Timur Guna Tingkatkan Perekonomian Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA – Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Provinsi Kalimantan Barat gandeng Ponpes Jawa Timur guna Tingkatkan Perekonomian Pesantren sesuai dengan arahan gubenur beberapa waktu lalu terkait pengembangan ekonomi di bidang pesantren, nantinya program tersebut tidak hanya memberdayakan para santri di pesantren.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia Provinsi Kalimantan Barat K.H Zuhdi MZ disela-sela kegiatan penyerahan bantuan di Desa Mekar Sari Kec Sungai Raya, Sabtu pagi (05/12/2020).

Saat ditemui langsung oleh redaksi kalbarnews.co.id K.H Zuhdi MZ menjelaskan bahwa berdasarkan pertemuan Ikatan Pesantren Indonesia Kalbar beberapa waktu lalu di Jawa Timur, timbulah tawaran kerja sama oleh salah satu Ponpes Di Jawa Timur, untuk membantu meningkatkan perekonomian di pondok pesantren.

Kerjasama tersebut berupa belajar tentang pertanian, perkebunan dan peternakan, nantinya program tersebut akan dibimbing oleh Ponpes Raudatul Janah Jawa Timur, program tersebut tidak hanya dapat di nikmati oleh santri yang ada di ponpes yang menjalankannya, namun masyarakat sekitar pun turut terbantu adanya bidang yang di harapkan dapat meningkatkan perekonomian tersebut.

"Pesantren kini diharapkan dapat turut mensejahterakan masyrakat juga, tidak hanya di bidang agama namun di bidang perekonomian juga, terlebih kini pandemi covid-19 masih melanda," jelas K.H Zuhdi MZ.

Kini pun IPI Kalbar tengah mendata Pesantren yang akan turut serta dalam program tersebut, usai mendata ponpes IPI akan beraudiensi dengan Gubernur Kalbar terkait hal ini.

"Usai rapat hal tersebut IPI Kalbar juga mendeklarasikan diri mengecam keras segala bentuk tindakan radikalisme dan intoleran yang mengancam keutuhan kehidupan berbangsa dan beragama di indonesia," Pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini