Tingkatkan Imun Anak Di Perbatasan, Satgas 642 dan Puskesmas Lakukan Vaksinasi DPT

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) - Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas, Pos Gabma Sajingan bekerja sama dengan Puskesmas Sajingan melaksanakan Imunisasi DPT, Vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit difteri, pertusis, dan tetanus.  kepada siswa-siswi SD 01 Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas, Selasa (24/11/2020).

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa dalam keteranganya di Pos Kotis Entikong, Sanggau mengatakan, dalam kegiatan imunisasi tersebut Satgas Pamtas Pos Gabma Sajingan berkoordinasi dengan Puskesmas untuk bersama sama memberikan pelayanan kesehatan berupa imunisasi kepada anak-anak.

"Satgas Pamtas selain melaksanakan tugas pokok dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan, kami juga memiliki tanggung jawab moral terhadap tumbuh dan berkembangnya generasi muda secara sehat," terang Letkol Inf Alim Mustofa.

Sementara itu, Ibu Ida (35) salah satu Perawat Puskesmas Sajingan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, vaksin DPT ini diberikan sebagai imunisasi lanjutan atau booster kepada anak untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), dan tetanus.

Vaksin ini bekerja dengan cara memasukkan bakteri difteri, pertusis, dan tetanus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh.

"Kondisi ini akan memicu sistem kekebalan tubuh manusia untuk memproduksi anti bodi dalam memerangi infeksi dari ketiga penyakit tersebut jika sewaktu-waktu menyerang," jelas Ida. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini