Cegah Radikalisme dan Sparatisme Kodam XII/Tpr Bersama Tokoh Masyarakat Kalbar

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kodam XII/Tanjungpura mengadakan kegiatan pembinaan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme/sparatisme tahun 2020. Acara berlangsung di Aula Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Chakti, Sungai Raya, Kubu Raya.

Kegiatan dengan tema, 'Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme dan Separatisme Dalam Bingkai NKRI', ini dibuka oleh Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Utten Simbolon. Yang dihadiri oleh Ketua FKPT Dr. Wajidi Sayadi dan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalbar Alexander Rambonang. Diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh kepemudaan serta prajurit.


Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Utten Simbolon yang mewakili Pangdam XII/Tpr menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan Ketahanan wilayah serta sebagai sarana dan prasarana untuk menjaga kebhinekaan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

"Pembinaan Komunikasi Sosial sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 kepada seluruh komponen bangsa," ujarnya.

Selanjutnya juga menyampaikan, pembinaan komunikasi sosial dengan seluruh komponen bangsa perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu dirinya berharap melalui kegiatan ini pertama dapat terwujud kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/ Separatisme bagi segenap komponen bangsa. Kedua, terbentuknya komponen bangsa yang memiliki kepribadian dan jiwa kebhinekaan guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI.

"Ketiga, terwujudnya kerjasama antara Kodam XII/Tanjungpura dengan segenap komponen bangsa dalam rangka mempertahankan Ideologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Keagamaan serta Kewirausahaan demi menjaga keutuhan NKRI," pungkasnya mengakhiri. (tim liputan).

Editor : Heri K
Share:
Komentar

Berita Terkini