Jakarta
(Kalbarnews.co.id) - PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung secara optimal arahan pemerintah
untuk memaksimalkan program Physical Distancing dalam rangka meredam penyebaran
virus COVID-19. Salah satu langkah konkrit BNI adalah dengan mengalihkan
layanan sebagian kantor atau outlet di berbagai kota di Indonesia yang
berlokasi di tempat-tempat yang berisiko tinggi sebagai lokasi penyebaran
COVID-19, Rabu (24/03/2020).
Pengalihan
layanan tersebut dilaksanakan hanya di 12 wilayah dari 17 wilayah operasi BNI
di Indonesia. Cabang-cabang yang dipilih untuk dialihkan operasionalnya
tersebut tergolong sebagai outlet yang berlokasi di kampus atau gedung yang
penghuninya 100% Work From Home, pasar, mall, bandara, rumah sakit, serta
pelabuhan.
“Program
ini diperkirakan akan berjalan hingga 30 Maret 2020. Walau demikian, BNI
memastikan pelayanan pada nasabah tetap dapat dilakukan di kantor-kantor cabang
BNI terdekat. Info cabang BNI yang beroperasi dapat diakses pada tautan ini https://bni.co.id/id-id/beranda/berita/pengumuman/articleid/6721,” ujar
Direktur Jaringan dan Layanan BNI Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi di
Jakarta.
BNI
menyarankan nasabah untuk segera mengaktifkan layanan e-channel BNI secara
maksimal, sehingga dapat tetap bertransaksi meskipun berada di rumah. Gunakan
BNI Mobile Banking yang dapat melayani banyak transaksi. BNI Call juga siap
membantu nasabah selama 24 jam di nomor 1500046.
Jika
memang tetap harus mendatangi kantor cabang BNI, BNI memastikan telah melakukan
rangkaian program perlindungan preventif untuk menekan penyebaran COVID-19 di
Kawasan kantor cabang.
Perlindungan tersebut antara lain memeriksa suhu tubuh
setiap orang yang masuk ke kantor cabang, menyebar hand sanitizer, melaksanakan
disinfektan pada saat kantor tidak beroperasi, dan adanya pelarangan bagi
pegawai BNI dan keluarganya untuk bepergian ke negara-negara yang dilaporkan
menjadi lokasi wabah COVID-19.
Penyemprotan
Disinfektan
Penyemprotan
disinfektan tersebut merupakan bagian dari protokol penanganan COVID-19 yang
telah dilakukan BNI sejak seminggu terakhir ini. Sebelumnya, penyemprotan
serupa telah dilakukan di seluruh kantor cabang BNI di seluruh Indonesia
sebanyak dua kali sehari, di Gedung Grha BNI di Jalan Jenderal Sudirman yang
merupakan kantor Pusat BNI, serta Gedung BNI Menara Pejompongan, Jakarta.
Penyemprotan disinfektan ini juga dilaksanakan di seluruh ATM BNI.
“Langkah
preventif lain yang kami lakukan adalah meminta pegawai yang mengalami
gejala-gejala mendekati sakit demam, pilek, batuk, dan sesak nafas untuk
memeriksakan diri ke dokter. Kami bebas tugaskan untuk memeriksakan diri, dan
kemudian bekerja di rumah,” tutup Susi.
Susi
mengatakan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Corporate Secretary
BNI dengan Nomor Telp: 021-5728387 atau Email: bni@bni.co.id.
(tim liputan)
Editor
: Aan