Koramil 1207-06/Sui Ambawang Laksanakan Sosialisasi Langit Biru di Khatulistiwa

Redaksi
Danramil 1207-06/Sungai Ambawang, Kapten Inf Nihen saat berikan sosialisasi Langit Biru

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Dalam rangka upaya menciptakan daerah bebas dari kebakaran hutan dan lahan serta mendorong terwujudnya Desa Mandiri diwilayah Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Kuala Mandor B, Koramil 1207-6 Sungai Ambawang laksanakan Sosialisasi Program Desa Mandiri menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa.

Hal ini disampaikan Komandan Koramil 1207-6/Sungai Ambawang, Kapten (Inf) Nihen ketika melakukan sosialisasi bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Adat dari Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Kuala Mandor B.

Tampak hadir Camat Kuala Mandor B, Yansen Sibarani, Sekcam Sungai Ambawang, H Ihsan Nasution, Kapolsek Sungai Ambawang, Kapolsek Kuala Mandor Bs dan Para Kepala Desa dari dua kecamatan itu.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, Masyarakat dapat memahami serta melakukan antisipasi Bencana Karhutla guna menciptakan Langit Biru di wilayahnya masing-masing,” ungkap Danramil Sungai Ambawang.


Danramil 1207-06/Sungai Ambawang mengatakan kegiatan ini adalah turunan kegiatan yang dilaksanakan Kodam XII/Tpr kemudian juga dilakukan disemua Koramil dibawah naungan Kodim 1207/BS.

Senada dengan hal itu, Kapolsek Sungai Ambawang, AKP Joko Supriatno mengatakan kegiatan yang diinisiasi Danramil 1207-06/Sungai Ambawang mesti didukung semua pihak, baik aparat kecamatan desa maupun aparat TNI/Polri karena mewujudkan Langit Biru adalah tanggung jawab bersama.

“Kita harus saling bekerja sama jangan serahkan aparat TNI/Polri saja, masyarakat Desa Tokoh Agama,Tokoh Adat tokoh Pemuda dan Perusahaan juga harus bekerja sama kita perangi Karhutla, kita wujudkan Daerah kita tetap Biru tanpa bencana Asap sehingga Desa mandiei semakin banyak di daerah kita ini,” ungkap Kapolsek.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Sungai Ambawang, Sukahar meminta semua pihak mencegah terjadinya bencana dan bukan melakukan penanggulangan karena mencegah itu akan lebih mudah dibanding menanggulangi.

“Kalau sudah terjadi akan sulit memadamkan, karena sudah sering terjadi pak ketika sudah besar kita tak mampu memadamkan, karena api kalau kecil menjadi kawan kalau sudah besar menjadi lawan,” ungkapnya.

Diakhir pertemuan tersebut banyak Danramil 1207-06/Sungai Ambawang banyak mendapat masukan agar Desa-desa kembali mengaktifkan Masyarakat Peduli Api (MPA) diwilayahnya masing-masing dan melakukan sosialisasi bertani tanpa membakar. (tim Liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini