Wakapolda Buka Pelatihan Bintara Fungsi Di Sekolah Polisi Negara Polda Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Wakapolda Kalbar, Brigjen Imam Sugianto saat membuka Pelatihan Bintara Fungsi di SPN Pontianak

Pontianak (Kalbarnews.co.id) - Wakapolda Kalbar Brigjen (Pol) Drs Imam Sugianto MSi membuka Penyelenggaraan pelatihan bintara polri jajaran polda kalbar di aula sentarum SPN polda kalbar, Senin (18/11/2019).

Brigjen (Pol) Drs Imam Sugianto mengatakan Program pelatihan fungsi ini dilaksanakan setiap tahun guna persiapan kejuruan yang lebih tinggi. selain itu pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya personel polri baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, mengingat kejahatan dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan.

“Polda Kalbar melaksanakan Pelatihan Bintara Aplikasi Regident Lantas 25 personel, Pelatihan Bintara Pengendalian Massa 100 personel dan Pelatihan Bintara Menembak 25 Personil dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal kemampuan dan keterampilan kepada anggota polri sehingga dapat melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang profesional, modern dan terpercaya,” Kata Brigjen Pol Drs Imam Sugianto MSi.


Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat dan banyaknya lembaga keuangan berupa bank, pegadaian dan perusahaan-perusahaan swasta lainnya seperti fidusia yang memfasilitasi kredit kendaraan bermotor sehingga masyarakat mendapat kemudahan dalam memiliki kendaraan bermotor.

Pengoprasian kendaraan bermotor berkaitan erat dengan Regident Ranmor karena setiap kendaraan bermotor yang akan dioperasikan wajib diregistrasikan. dalam penyelenggaraan registrasi dan identifikasi ranmor harus berpedoman pada ketentuan perundang-undangan.

Dengan demikian maka petugas regident ranmor harus lebih profesional dalam pelaksanaan pelayanan regident ranmor dan memiliki kompetensi sesuai bidangnya, sehingga perlunya dilakukan pelatihan regident ranmor ini,” Ungkap Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Imam Sugianto MSi.

Selain itu, di negara demokratis rakyat memiliki hak untuk ikut serta dalam pemerintahan dan hak tersebut harus dijamin oleh negara. Namun sayangnya dalam kegiatan tersebut sering disertai oleh benturan-benturan fisik antara pengunjuk rasa dengan masyarakat umum atau antara pengunjuk rasa dengan petugas/penegak hukum. untuk itu sangat penting bagi anggota polri memahami tentang teknik dan taktik pengendalian massa melalui pelatihan bintara pengendalian massa.

Dan yang terakhir, dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, anggota Polri diberi kewenangan oleh undang-undang untuk menggunakan senjata api namun harus sesuai dengan prinsip penegakkan hukum yang sah (legalitas), digunakan dalam keadaan yang sangat mutlak diperlukan dan tidak dapat dihindarkan (nesesitas) serta seimbang dengan situasi  yang    mengancam   keselamatan dan keamanan jiwa seseorang (proporsionalitas).

“untuk itu sangat penting dilaksanakan pelatihan menembak bagi personel Polri sebagai penegak hukum guna meningkatkan keterampilan kemampuan penggunaan senpi dan pengetahuan tentang prosedur penggunaan senpi serta mematuhi prinsip dasar penggunaan senpi,” ujar Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Imam Sugianto MSi.

untuk mencapai hal tersebut, melalui pelatihan ini saya menghimbau kepada seluruh komponen pelatihan, mulai dari peserta pelatihan, tenaga pendidik maupun komponen lainnya agar dapat bekerjasama dan membangun sinergitas secara menyeluruh, utuh serta berkesinambungan dalam rangka proses belajar mengajar agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.

Manfaatkanlah waktu yang berharga ini dengan sebaik-baiknya dalam menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memperluas dan menambah  wawasan tentang kepolisian. semuanya itu kita lakukan dalam upaya membangun kepercayaan masyarakat terhadap polri, melalui program promoter yang saat ini kita laksanakan,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan pengetukan palu pernyataan pembukaan pelatihan bintara aplikasi regident lantas, pelatihan bintara pengendalian massa, dan pelatihan bintara menembak tahun anggaran 2019 dengan resmi dinyatakan dibuka oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Imam Sugianto MSi.(tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini