-->

BREAKING NEWS

HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG LANDA BEBERAPA DAERAH DI KABUPATEN KUBU RAYA DAN KOTA PONTIANAK, HARI INI, RABU 903/03/2021) SEJUMLAH WARTAWAN KUBU RAYA IKUTI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DI KABUPATEN KUBU RAYA, WAKIL BUPATI KUBU RAYA, SUJIWO DIDAMPINGI ISTRI, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR, MARIA LESTARI DAN KETIA DPRD KAB KUBU RAYA BESERTA PENGURUS GAB ORGANISASI WANITA KAB KUBU RAYA LAKUKAN PANENRAYA TOMAT DI BALAI BENIH PDI-P KALBAR JALAN ARTERI SUPADIO, ANGGOTAA DPD RIDAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Akibat Kabut Asap, Penderita ISPA di Kubu Raya Meningkat

Redaksi author photo
Kabut Asap meningkatkan Kasus ISPA di Kubu Raya 

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Bencana kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat termasuk Kabupaten Kubu Raya berakibat meningkatnya jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Mahyudin, hingga pekan pertama bulan September, terdapat 983  penderita ISPA yang tersebar di 20 puskesmas di sembilan kecamatan. Ia menyebut jumlah penderita ISPA meningkat setiap harinya. 

“Selain Puskesmas Sungai Durian dengan 22 kasus, jumlah kasus ISPA terbanyak berada di Puskesmas Rasau Jaya Kecamatan Rasau Jaya dengan 156 kasus,” ujarnya.

Jika dibandingkan pekan pertama bulan Agustus di mana terdapat 352 kasus ISPA, Mahyudin menilai terjadi peningkatan cukup signifikan. Menyikapi hal tersebut, dia mengungkapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya telah membagikan sedikitnya 5 ribu masker di enam titik di Kecamatan Sungai Raya dan sejumlah puskesmas. 

“Untuk menekan kasus ISPA ini, pagi ini kita telah membagikan ribuan masker di enam lokasi di Kecamatan Sungai Raya. Yakni di simpang empat Polda Kalbar, simpang empat Asrama Gatot, areal Tugu Dirgantara Nusantara Lanud Supadio, simpang empat Pondok Indah Lestari, simpang empat Desa Kapur, dan di Jalan Arteri Supadio,” terangnya.

Terkait meningkatnya penderita ISPA dalam kurun sebulan terakhir, Mahyudin berpesan agar hal itu menjadi perhatian semua pihak. Dia meminta masyarakat untuk tidak berada di luar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. 

"Perbanyak minum air putih, jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, dan jika memang harus keluar pergunakan masker agar udara yang saat ini tercampur dengan partiket kabut asap akan tersaring oleh masker,” pesannya. (tim liputan)

Editor : Heri K
Komentar Anda

Berita Terkini