Pantau Kesiapan hadapi Pemilu 2019, Tim Supervisi dan Asistensi OMB Mabes Polri Kunjungi Mapolda Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Tim Supervisi dan Asistensi OMB Pemilu 2019 Mabes Polri Kunjungu Polda Kalbar
Pontianak (Kalbar News) – Tim Supervisi dan Asistensi OMB Pemilu 2019 yang dipimpin oleh Brigjend Pol Joko Irianto beserta rombongan kunjungi Mapolda Kalimantan Barat, Jl A Yani Pontianak.

Kedatangan Tim Supervisi berdiskusi dan membahas terkait yang telah dilakukan oleh Polda Kalimantan Barat dalam mengamankan Pemilu 2019.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono menyampaikan kepada tim langkah-langkah strategis yang sudah dilakukan Polda Kalbar. 

“Setidaknya sudah ada 5 langkah mulai dari pembentukan Satgas, Cipta Kondisi, Sispam Kota, gelar pasukan bersama TNI dan komponen Masyarakat serta Deklarasi Damai,” jelas Kapolda.

Kapolda juga menjelaskan 7 Dimensi Indeks Potensi Kerawanan Pemilu ditambah dengan 22 Variabel dan 103 Indikator sudah dipetakan hingga tingkat kecamatan.
 
Suasana Pertemuam Tim Mabes Polri dan Kapolda Kalbar besert Jajaran
Kapolda juga mengungkapkan bahwa di pemilu tahun 2019, dinilai dari tingkat kerawanan yang dihitung Mabes Polri Polda Kalbar berada di ranking ke 17. Sedangkan di Kemendagri Kalimantan Barat berada di ranking ke 23.

Senada dengan Kaapolda, Kepala Biro Operasional Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi menjelaskan apa apa saja yang telah dilakukan oleh Polda Kalimantan Barat dalam mengamankan proses Pemilu 2019 yang saat ini sedang berlangsung.

Karo Ops juga mengatakan beberapa prioritas pengamanan ditujukan untuk menjaga netralitas tempat ibadah dari kegiatan politik praktis, melakukan penambahan personil guna mengamankan TPS yang sangat rawan, membangun Pos Pengamanan di lokasi rawan seperti tempat tinggal kelompok minoritas dan menghimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu tanggal 17 April 2017.

Tim Asistensi yang dipimpin oleh Brigjen Pol Joko Irianto akan memanfaatkan waktunya selama 3 hari di wilayah Polda Kalbar untuk memantau segala persiapan yang dilakukan Polda Kalbar beserta seluruh jajarannya dalam pengamanan tahapan Pemilu.

Hasil dari pantauan Tim akan disampaikan kemudian setelah beberapa wilayah selesai dipantau Ketua tim juga menjelaskan bahwa pada hari pencoblosan, Tim Asistensi akan kembali datang ke Kalbar untuk memantau secara langsung jalannya Pemilih Umum di wilayah Kalbar. (tim liputan)
 
Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini