-->

BREAKING NEWS

BANJIR MELANDA BEBERAPA DESA SEPANJANG JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, SELAIN KARENA AIR PASANG CURAH HUJAN SEMAKIN MEMPERPARAH BANJIR TERSEBUT, SEHINGGA MELUMPUHKAN AKTIFITAS WARGA SEKITAR, MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN, EDDY PRABOWO DIKABARKAN DITANGKAP OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN, ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Paskhas TNI AU Paksa turunkan Pilot Pesawat Asing yang melintasi Lanud Supadio Tanpa ijin

Redaksi author photo

Paskhas TNI AU Paksa turunkan Pilot Pesawat Asing yang melintasi Lanud Supadio Tanpa ijin
Pontianak (Kalbar News) - Pesawat Tempur Hawk 109/209 mendapatkan perintah dari Komando Atas (Kotas) untuk melaksanakan Intercept terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia dan untuk selanjutnya pesawat Hawk yang berhome base di Skadron Udara 1 melaksanakan Force Down dan berhasil memaksa pesawat asing tersebut mendarat di Main Apron Lanud Supadio, Senin (11/03/2019). 

Setelah mendarat, pesawat asing yang diawaki oleh seorang pilot ini langsung diperiksa oleh tim Jihandak dari Yonko 465 Paskhas, setelah aman maka pilot asing tersebut diamankan oleh personel Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau).

Kemudian pilot tersebut digelandang ke posko kesehatan guna diperiksa kesehatannya oleh personel RSAU dr. M. Sutomo Lanud Supadio dan kemudian diinterogasi oleh petugas pengamanan Intel Lanud Supadio. Sedangkan pesawatnya langsung diperiksa dan diamankan di main Apron Lanud Supadio dengan penjagaan.yang ketat dan diberi tanda policeline dari Satpomau. 

Kejadian ini merupakan salah satu skenario latihan satuan Alap Gesit “Mandau Terbang-19” di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio yang melibatkan kekuatan unsur Udara yaitu pesawat Hawk 109/209, pesawat UAV, pesawat Helikopter Super Puma, Unsur Pasukan yang berasal dari Batalyon Komando 465 Paskhas, Unsur Hanud dari Denhanud 473 Paskhas dan Unsur Pangkalan.

Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M, menyampaikan pelaksanaan latihan puncak Lanud Supadio ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan Lanud Supadio dalam menghadapi berbagai tantangan tugas, salah satunya adalah pelaksanaan penindakan terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa ijin atau pelaksanaan latihan ForceDown. "Salah satu tugas Lanud Supadio adalah sebagai satuan penindak terhadap setiap pelanggaran wilayah udara Indonesia. Oleh karena itu, kita menguji kesiapsiagaan seluruh unsur yang ada di Lanud Supadio ini, baik itu unsur tempurnya dan unsur lainnya. 

Kesiapsiagaan yang kita harapkan adalah kesiapsiagaan alutsista dan kesiapsiagaan personel yang mengawaki sesuai dengan bidang tugas masing-masing", kata Danlanud.

Selain pelaksanaan latihan Force Down, pada latihan puncak Lanud Supadio ini juga diujikan kesiapan pesawat tempur Hawk dalam melaksanakan Bantuan Tembakan Udara (BTU) yang dilaksanakan melalui Latihan Pengendalian Tempur (Dalpur) dengan melibatkan prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas. 

Dalam latihan ini melibatkan SkadronUdara 51 sebagai unsur intai yang berfungsi sebagai Airborne FAC dalam pelaksanaan bantuan tembakan udara. 

Latihan lainnya adalah pelaksanaan Combart Search And Rescue (Combat SAR) yakni latihan pencarian dan penyelamatan prajurit atau penerbang yang sedang berada di daerah pertempuran karena melaksanakan Eject dari pesawatnya pada saat melaksanakan misi operasi udara. Pada latihan Combat SAR ini menggunakan pesawat helikopter Super Puma dengan membawa sejumlah prajurit Paskhas dengan pengawalan dua unit pesawat tempur. 

Latihan lainnya adalah menguji kesiapsiagaan prajurit Lanud Supadio dalam menghadapi Emergency Landing pada saat pesawat tempur menghadapi suatu permasalahan. 

Latihan ini melibatkan sejumlah unit pemadam kebakaran, tim medis dari RSAU. Dr. M. Sutomo dan personel Skadron Udara 1 dalam memperbaiki kerusakan pesawat yang menyebabkan terjadinya emergency landing tersebut, latihan ini dikemas melalui latihan Crash Team. 

Sedangkan Denhanud 473 Paskhas dengan alutsistanya berfungsi sebagai Hanud titik dan melaksanakan penindakan terhadap pesawat musuh, kemudian Pamhanlan juga bereaksi terhadap aksi yang dilakukan oleh pihak musuh.Latihan puncak Alap Gesit 2019 ini merupakan latihan tingkat satuan yg melibatkan.ratusan prajurit diseluruh satuan jajaran yang ada di Lanud Supadio. 

Dalam latihan ini mengusung tema dengan Latihan Satuan Alap Gesit 2019 kita tingkatkan kemampuan satuan untuk melatih kesiapsiagaan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang dalam rangka mendukung tugas Koopsau I.(tim liputan)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini