Kadisdik Kubu Raya Kesal Jadwal UN Lebih Siang

Editor: Redaksi author photo

Kadisdikbud Kubu Raya, Frans Randus, meninjau pelaksanaan UN di SMPN 1 Sungai Raya  

KUBU RAYA (Kalbar News) – Jadwal pelaksanaan  Ujian Nasional (UN) tingkat SMP  tahun 2017 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Opersional Standar  Ujian Nasional (POS UN)  berdasarkan Keputusan  Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) nomor 0043/BSNP/I/ 2017, menetapkan ujian nasional tingkat SMP dimulai pukul 10.30 hingga pukul 12.30 wib.

Perubahan jadwal yang ditetapkan oleh BNSP ini sangat  disesalkan oleh Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubu Raya, Kalimantan Barat, Frans Randus. Ia menilai perubahan dan penetapan jadwal UN tingkat SMP ini akan menuai dampak yang negatif baik bagi sekolah penyelenggara UN ,maupun bagi peserta UN sendiri.

“Baru kali inilah UN dimulai siang hari, Ini kebijakan yang merampot (mengada-ada),” kata Frans Randus, usai meninjau pelaksanaan UN di SMPN 1 Sungai Raya, Selasa (03/05/2017)

Akibat dari  perubahan jadwal UN  ini kata dia, tentunya dimungkinkan banyak hal negatif atau banyak hal yang dapat dilakukan oleh peserta UN sebelum UN dimulai, sehingga hasil yang di dapat oleh peserta UN tidak bisa maksimal.


“Misalnya sebelum UN dimulai peserta masih sempat ke warnet, atau nongkrong diwarung kopi, bahkan merokok. Ini sudah menjadi hal yang biasa bagi pelajar saat ini. Jika pelaksanaan UN waktunya seperti biasa tentunya siswa langsung kesekolah, dan tidak kemana-mana dulu,” tuturnya. (rja)

Editor : Edi Suhairul

Share:
Komentar

Berita Terkini