Dinas PRKPLH Sosialisasikan RTH Dikecamatan Sungai Raya

Editor: Redaksi author photo
Sosialisasi Ruang Terbuka Hijau Di Kecamatan Sungai Raya 


KUBU RAYA (Kalbar News) - Dinas perumahan rakyat, kawasan pemukiman dan lingkungan hidup (PRKPLH) Kubu Raya, melakukan sosialisasi program pencanangan  ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Sungai Raya, Kamis (30/3/) lalu

Sosialisasi program  RTH dikecamatan Sungai. Raya ii merupakan sosialisasi RTH yang terkhir kalinya di tahun 2018, sebelumnya suda dilakukan sosialisasi di delapan kecamatan di Kubu Raya.


Kepala Dinas PRKPLH Kubu Raya, Nendar Soeheri mengharapkan masyarakat setelah sosialisasi ini dilakukan masyarakat Kubu Raya, dapat menerapkan dan mengaplikasikan RTH dikehidupan sehari-hari, yang dimulai pada pemerintahan di setiap desa.

"Masing-masing kepala desa juga harus bisa menggugah semangat warganya, agar warga mempunyai kepedulian untuk memabangun RTH distiap pekarangan rumahnya, setidaknya minimal satu rumah bisa menanam satu pohon," terang Nendar.

Nendar memaparkan selama sosialisasi dilakukan disembilan kecamatan di Kubu Raya, masing-masing camat menyambut baik dan mendorong program ini, bahkan ada beberapa camat juga berkomitment dan  mewacanakan akan menata RTH di kawasan kantor kecamatan, seperti,  kecamatan Rasau Jaya dan Kecamatan Sungai Ambawang.

"Intinya semua camat menyambut baik, dan setiap kecamatan mempunyai peluang dan berpotensi membuat suatu kawasan RTH," terang Nendar

Sementara itu Camat Sungai Raya Suhari, mengatakan pihaknya menyartakan siap untuk menindaklanjuti program RTH ini, dengan mensosialisasikan dan mendorong pemerintah desa yang ada di kecamatan Sungai Raya untuk $engaplikasikan program ini.

"Kedepannya kita harapkan disetiap desa bisa menyiapkan RTH, setidaknya pada satu rumah bisa menanam satu pohon," ujar Suhari

Suhari memaparkan program RTH di Kecamatan Sungai Raya ini, sangatlah penting, mengingat Sungai Raya merupakan ibu kota Kabupaten Kubu Raya yang berbatasan langsung dengan kota Pontianak.

"Ini merupakan langkah yang tepat, mengingat Kubu Raya merupakan Kabupaten penyanggahnya Kota Pontianak, jika sudah ada RTH yang tertata dengan baik, selain menjadikan udara segar juga akan memberikan daya tarik sendiri bagi Kubu Raya," ujarnya  

Ia berharap setelah adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat Kubu Raya, khususnya masyrakat kecamatan Sungai Raya dapat memahami pentingnya RTH, sehingga dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


"Semakin banyaknya RTH tentunya udara menjadi semakin segar, dan kita semakin sehat. Apa gunanya jika banyak harta tetapi tidak sehat, untuk itulah RTH ini sangat penting untuk di implementasikann," pungkasnya (rja)
Share:
Komentar

Berita Terkini