![]() |
OMRON dan Apotek Alpro Perangi Hipertensi Tak Terdeteksi di Indonesia Melalui Perluasan Akses Produk dan Layanan |
Melalui kolaborasi ini, OMRON memperluas jaringan layanan purnajualnya dengan menunjuk gerai-gerai Apotek Alpro tertentu di Jabodetabek sebagai lokasi drop-off resmi untuk servis produk.
Konsumen kini dapat dengan mudah
mengirimkan perangkat OMRON seperti tensimeter, timbangan badan, dan nebulizer
untuk servis atau kalibrasi. Inisiatif ini bertujuan memberikan layanan yang
cepat, mudah diakses, dan terpercaya bagi masyarakat perkotaan yang sibuk.
"Warga Jakarta seringkali memiliki jadwal yang padat, sehingga sulit untuk mengunjungi service center pada jam kerja," kata Tomoaki Watanabe, Direktur OMRON Healthcare Indonesia.
"Melalui kemitraan
dengan Apotek Alpro, kami ingin menyediakan titik layanan yang praktis dan
mudah diakses bagi mereka yang memprioritaskan kesehatan tetapi membutuhkan
fleksibilitas. Kami berharap hal ini akan mendorong lebih banyak orang,
terutama mereka yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular, untuk memantau
kesehatan mereka secara teratur."
Hal ini penting mengingat hipertensi masih menjadi salah satu masalah kesehatan paling mengkhawatirkan secara global maupun nasional. Menurut World Heart Federation, sebanyak 1,3 miliar orang di dunia, atau sekitar 1 dari 4 orang dewasa menderita hipertensi. Namun kurang dari 1 dari 5 yang berhasil mengelolanya secara efektif.
Di Indonesia, kondisinya tidak jauh berbeda. Menurut
data Survei
Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai
30,8%. Sementara Kementerian
Kesehatan pada 2023 melaporkan 650.000 kematian akibat kardiovaskular per
tahun. Dengan tingginya angka tersebut, OMRON berkomitmen untuk terus
mempermudah masyarakat dalam memiliki perangkat pemantauan kesehatan yang
akurat.
Seluruh tensimeter OMRON yang tersedia dalam kemitraan ini telah teruji
secara klinis dan didistribusikan secara resmi untuk memastikan pengguna
menerima produk asli yang memenuhi standar medis tinggi. Sebagai langkah lebih
lanjut, untuk semakin memperkuat komitmen terhadap keaslian produk, Apotek
Alpro juga memberikan perlindungan asuransi untuk meningkatkan kenyamanan
pelanggan.
Tidak hanya sebatas pada akses dan keaslian produk, kolaborasi ini juga mengedukasi masyarakat. OMRON dan Apotek Alpro berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya memantau tekanan darah secara rutin sebagai langkah pencegahan penyakit kardiovaskular.
Apoteker profesional di gerai yang berpartisipasi siap
memberikan panduan personal, membantu pelanggan memahami teknik dan waktu pengukuran
yang tepat, menjadikan pemeriksaan rutin sebagai langkah proaktif dalam menjaga
kesehatan.
"Tensimeter yang tidak akurat dari toko yang tidak terpercaya
sangat berbahaya," kata Apt. Rupa Lesty, Chief Category Officer Apotek
Alpro Indonesia. "Saya ingat seorang ayah berusia 67 tahun datang ke gerai
kami bersama putrinya, mengeluh pusing dan sakit kepala. Sebelum menawarkan
obat apa pun, saya melakukan tes tekanan darah, dan hasilnya sangat
tinggi—186/105. Putrinya terkejut, mengatakan bahwa alat pengukur di rumah
mereka selalu menunjukkan hasil yang normal. Ternyata mereka menggunakan
perangkat yang tidak akurat yang dibeli dari penjual yang tidak terverifikasi.
Ini menyoroti pentingnya menggunakan perangkat yang terpercaya dan tervalidasi
secara klinis."
"Melalui kolaborasi kami dengan OMRON, pelanggan kini dapat
melakukan servis atau kalibrasi perangkat kesehatan mereka di gerai Apotek
Alpro tertentu di seluruh Jabodetabek. Inisiatif ini mencerminkan tagline kami,
'Obat Tepat, Hati Tenang', dan mendukung deteksi dini serta pencegahan penyakit
dengan mempromosikan penggunaan dan pemeliharaan perangkat kesehatan yang tepat
di rumah. Kami juga mengundang masyarakat untuk mengunjungi gerai Apotek Alpro
mana pun untuk pemeriksaan tekanan darah gratis, tanpa melakukan
pembelian."
OMRON baru-baru ini juga meluncurkan OMRON Experience Center (OEC) di enam kota besar: Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Palembang. Experience center ini berfungsi sebagai hub untuk uji coba produk, kalibrasi, edukasi, dan layanan perbaikan.
Pengunjung dapat mencoba
perangkat secara langsung, melakukan kalibrasi tensimeter mereka menggunakan
OMRON Digital Tester, dan mengakses dukungan purna jual yang cepat.
OMRON Healthcare Indonesia tetap berkomitmen memperluas
aksesibilitas layanan kesehatan, baik melalui kemitraan dengan apotek maupun
pengembangan experience center. Dengan kolaborasi bersama Apotek Alpro
dan memperluas jaringan OEC, OMRON berharap lebih banyak masyarakat Indonesia bisa
menjaga kesehatan mereka secara mandiri dan rutin. (Tim Liputan)
Editor : Aan