![]() |
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Pusat penjual terintegrasi ‘Tokopedia & TikTok Shop Seller Center’ resmi diluncurkan hari ini, dirancang untuk membantu brand lokal khususnya UMKM dalam mengelola operasional mereka di Tokopedia dan TikTok Shop secara lebih efisien. (11/6/2025).
Peluncuran seller center baru ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Tokopedia dan TikTok Shop dalam menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan, mendorong inovasi, serta memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia.
Melalui dasbor
terpadu, para penjual kini dapat mengelola operasional di Tokopedia dan TikTok
Shop secara lebih efisien—menyederhanakan alur kerja, mengurangi beban
administratif, dan meningkatkan jangkauan mereka ke basis pelanggan yang lebih
luas. Penjual juga memiliki fleksibilitas untuk memilih berjualan di Tokopedia,
TikTok Shop, atau keduanya—sesuai dengan tujuan bisnis mereka.
Fitur unggulan dari
pusat penjual terintegrasi ini mencakup:
●
Pengelolaan toko dan produk secara lebih
efisien untuk dua platform sekaligus: Tokopedia dan TikTok Shop
●
Solusi pemasaran baru, seperti GMV Max
●
Akses ke ekosistem afiliasi dan live shopping
●
Menjangkau beragam segmen pasar dengan
menawarkan berbagai produk dengan bervariasi harga dari berbagai kategori
“Tokopedia & TikTok
Shop Seller Center ditujukan untuk memperkuat nilai yang diberikan kedua brand kepada para penjual di seluruh
wilayah di Indonesia. Sejak peluncuran pada awal April 2025, para penjual telah
merasakan manfaat berupa peningkatan manajemen toko, efisiensi waktu, serta
peningkatan penjualan karena jangkauan pengguna yang jauh lebih luas. Mayoritas
penjual yang telah bermigrasi menyatakan pertumbuhan transaksi mereka lebih
tinggi dibandingkan sebelumnya,” ujar Melissa
Siska Juminto, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Indonesia.
Hampir sepertiga
penjual yang menggunakan pusat penjual baru ini mengalami peningkatan GMV lebih
dari 50% hanya dalam dua minggu setelah migrasi dan telah merasakan hasil yang
positif.
Yoseph Putra, pemilik merek sepatu lokal asal Jawa Timur, UNERD Footwear, menyoroti dampak positif dari sinkronisasi stok otomatis, “Yang paling terasa dampak positifnya adalah sinkronisasi stok otomatis. Contohnya, sebelumnya kami pernah mengalami over-sell produk karena di TikTok Shop dan Tokopedia stok produk tidak sinkron.
Namun sejak integrasi, stok kami jauh
lebih stabil dan minim error, jadi customer experience juga meningkat
karena pengiriman juga bisa lebih cepat dan tidak ada pembatalan karena stok
kosong.”
Setelah integrasi, Mutiara Nisa Rozdianda selaku pemilik Kurma Alif (bagian dari Kalaborasi Group) dan tim, mengaku sangat terbantu dengan berbagai fitur yang tersedia, seperti manajemen stok, pesanan, promosi, chat, dan dashboard dalam satu platform. “Setiap fitur memiliki keunggulan masing-masing yang makin memudahkan kami sebagai pelaku usaha.
Salah satunya dashboard yang memungkinkan pengelolaan
dua kanal penjualan hanya dari satu tempat. Bagi kami, integrasi ini seperti omnichannel yang efektif, efisien, dan
memudahkan para pelaku usaha untuk berjualan online,” ujar Mutiara.
Perwakilan Casio Gallery Indonesia juga membagikan pengalamannya, “Sejak integrasi seller center, kami merasakan perubahan besar. Jika sebelumnya kami perlu bolak-balik membuka seller center Tokopedia dan TikTok Shop untuk mengecek berbagai hal, kini hanya perlu dilakukan lewat satu dashboard, sehingga operasional bisnis sehari-hari lebih efisien.
Bahkan setelah integrasi dan terus
memanfaatkan fitur-fitur yang ada di seller
center baru, seperti iklan terintegrasi, penjualan kami meningkat dan followers serta kunjungan ke toko kami
di kedua platform juga terus meningkat.”
Melissa menambahkan, “Kami terus menggabungkan kekuatan Tokopedia dan TikTok Shop untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna dan mitra kami, serta akan terus berinvestasi dalam memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia.
Dalam enam bulan ke depan, kami akan fokus pada investasi besar dalam PLUS, program loyalitas unggulan yang memberikan manfaat besar bagi penjual dan pembeli.” PLUS adalah program keanggotaan premium yang menawarkan berbagai keuntungan seperti diskon eksklusif, bebas ongkir, dan kupon pengiriman instan.
Program ini meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pembeli
sekaligus membantu penjual meningkatkan transaksi melalui pembelian yang lebih
sering dan bernilai lebih tinggi.
Ke depan, seluruh
operasional penjual akan dilakukan melalui platform terintegrasi ini. Tokopedia
dan TikTok Shop berkomitmen mendukung penjual selama masa transisi melalui
layanan live chat/agen, sesi
pelatihan gratis, dan webinar tentang fitur-fitur pusat penjual baru serta
strategi pertumbuhan. Penjual tetap memiliki fleksibilitas untuk memilih
berjualan di Tokopedia, di TikTok Shop, atau di kedua platform. (Tim Liputan)
Editor : Aan